6 Rekomendasi Makanan Khas Salatiga yang Lezat Tidak Boleh Dilewatkan, Bikin Geleng-geleng Kepala!

Jumat 10-11-2023,17:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

DISWAY JATENG - Indonesia dikenal sebagai surganya kuliner, dan kota-kota di seluruh negeri ini memiliki kekayaan makanan khas yang menggoda. Salatiga, sebuah kota yang terletak di antara Semarang dan Solo di Pulau Jawa, tidak ketinggalan dalam menyajikan hidangan-hidangan lezat yang mencerminkan budaya dan keanekaragaman masyarakatnya.

Salatiga punya segudang kuliner pilihan yang lezatnya menggoyang lidah. Simak rekomendasi makanan lezat khas Salatiga yang tidak boleh dilewatkan di sini.

Sebagai wilayah di Jawa Tengah yang berada di lingkar Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Salatiga sering dilewati wisatawan sebagai kota transit ketika mereka berwisata. Selain memiliki kawasan wisata sendiri, Salatiga juga dianugerahi segudang kuliner khas yang memanjakan lidah.

Berikut Rekomendasi Makanan Khas Salatiga yang Memanjakan Lidah :

1. Enting-Enting Gepuk Cap Klenteng & 2 Hoolo

Enting-enting adalah makanan ringan khas Salatiga yang wajib kalian jadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke sana. Kudapan yang terbuat dari kacang tanah dan gula pasir ini memiliki rasa yang renyah dan manis.

Salah satu toko yang menyediakan enting-enting adalah Enting-Enting Gepuk Cap Klenteng & 2 Hoolo. Toko legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1929 ini dikenal masih mempertahankan rasa dan kualitas secara turun temurun.

Lokasi : Jalan Kalibodri No.37, Kutowinangun kidul, Kec.Tingkir, Kota Salatiga

Harg: Mulai dari Rp.10.000

Jam Buka: Senin-Sabtu (08.00-13.00 WIB).

2. Sambal Tumpang Koyor Mbah Rakinem

Bagi kalian yang kebetulan singgah di Salatiga di pagi hari dan ingin menyantap kuliner khas untuk sarapan, Sambal Tumpang Koyor Mbah Rakinem bisa jadi pilihanmu. Tumpang Koyor sendiri adalah menu nasi atau bubur yang berisi tahu dan koyor serta berbagai jenis sayur yang termasuk makanan khas Salatiga.

Letaknya yang berada di pedesaan menjadikan pengalaman sarapanmu di Salatiga takkan terlupakan. Sedikit tips bagi kalian yang berencana membawa mobil, parkiran di sana cenderung sempit karena hanya bisa parkir di jalan desa. Namun, rumah makan Mbah Rakinem ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya.

Lokasi : Jalan Nakula Sadewa III No. 13, Dukuh, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga

Harga : Mulai dari Rp.25.000

Kategori :