Gunung Papandayan: Pesona Alam dan Sejarah yang Mempesona, Simak Ini Faktanya!

Selasa 24-10-2023,20:02 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Asyifa Suryani

Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Garut dan hanya memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Bandung, Gunung Papandayan adalah destinasi yang sering wisatawan kunjungi.

Untuk masuk ke kawasan Gunung Papandayan, Anda tidak perlu memenuhi persyaratan khusus seperti ketika mendaki gunung-gunung yang dikelola oleh Taman Nasional.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Spot Foto Terbaik di Gunung Merbabu, Keindahannya Bikin Jatuh Hati

Namun, di masa sekarang, persyaratan kesehatan dengan membawa surat keterangan sehat menjadi wajib, dan penggunaan masker harus dipatuhi saat berada di area publik yang ramai.

Tiket masuk gunung Papandayan

Tiket masuk ke Gunung Papandayan mungkin dianggap mahal dibandingkan dengan beberapa gunung lain.

Harganya adalah Rp20.000 untuk hari biasa, Rp30.000 untuk hari libur, dan Rp35.000 jika Anda berniat berkemah.

Jika Anda membawa kendaraan roda empat, biaya tambahan sebesar Rp50.000 untuk tiket masuk dan parkir dikenakan. Meskipun cukup mahal, Gunung Papandayan memiliki pesona alam yang memikat.

Meskipun dianggap sebagai gunung yang relatif mudah untuk pendakian, Gunung Papandayan menawarkan keindahan yang tak kalah dengan gunung-gunung lain yang lebih tinggi.

Spot menarik gunung Papandayan

Ada banyak tempat indah yang cocok untuk berfoto atau berselfie.

Mulai dari Pondok Salada yang dikelilingi oleh bunga edelweiss, Hutan Mati yang memiliki pesona eksotis, hingga Ghober Hoet yang menakjubkan saat matahari terbit.

Jalur pendakiannya relatif landai, dan untuk mencapai area perkemahan di Pondok Salada, hanya diperlukan sekitar 2 jam perjalanan dari area parkir.

Untuk memudahkan perjalanan, Anda bahkan bisa menyewa ojek yang akan membawa Anda ke tempat yang diinginkan.

Karena Gunung Papandayan tidak terlalu sulit untuk didaki, gunung ini sangat cocok untuk para pendaki pemula yang ingin menjajaki dunia petualangan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Papandayan adalah selama musim kemarau, khususnya antara bulan April hingga September, saat pemandangan dari gunung ini sangat memukau.

Kategori :