Gunung Papandayan: Pesona Alam dan Sejarah yang Mempesona, Simak Ini Faktanya!

Selasa 24-10-2023,20:02 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Asyifa Suryani

DISWAYJATENG - Gunung Papandayan, terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, telah lama menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan, baik pendaki gunung maupun wisatawan konvensional.

Meskipun gunung ini termasuk dalam kategori gunung berapi aktif, pesonanya justru menjadi daya tarik utama, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Dengan kawah eksotis yang tak pernah berhenti mengeluarkan asap, gunung yang mencapai ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut ini telah menjadi objek wisata yang sangat menarik dan patut dikunjungi.

BACA JUGA:Jangan Bersiul! Inilah 4 Sejarah dan Mitos di Dieng yang Harus Kamu Tahu

Ternyata, pesona Gunung Papandayan sudah dikenal sejak zaman kolonial. Bukan hanya oleh masyarakat setempat, namun juga oleh tokoh-tokoh besar dunia pada masa itu.

Tokoh yang menyukai gunung Papandayan

Tsar Nicholas II, yang kemudian memerintah Rusia, datang ke Garut pada tahun 1891.

Tsar ini terkesan dengan keindahan alam Garut yang begitu asri dan dikelilingi oleh banyak pegunungan hijau, salah satunya adalah Gunung Papandayan.

Bahkan dalam berita yang dimuat dalam surat kabar Bintang Barat pada 10 Maret 1891, Tsar Rusia terakhir ini juga berburu babi hutan di Gunung Cikuray, yang tidak terlalu jauh dari Gunung Papandayan.

Selain Tsar Nicholas II, ada tokoh lain yang tertarik pada Gunung Papandayan, yaitu Pangeran Franz Ferdinand, putra mahkota Austria-Hongaria.

BACA JUGA:5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu ; Cocok Untuk Menaklukan Keindahannya!

Dalam jurnal yang berjudul "Dari Pesanggrahan Hingga Grand Hotel: Akomodasi Penginapan Untuk Turis Pada Masa Hindia-Belanda di Priangan (1869-1942)," Franz Ferdinand dikatakan pernah mendaki ke Gunung Papandayan yang terakhir kali meletus pada November 2002.

Dengan pesona alam yang melimpah, tidak heran bahwa pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, Garut menjadi destinasi wisata unggulan di Tanah Priangan.

Jadi, apa saja pesona yang dimiliki oleh Gunung Papandayan? Artikel ini akan berbagi beberapa informasi tentang keindahan yang bisa ditemui ketika mendaki Gunung Papandayan.

Letak Gunung Papandayan

Kategori :