Pendapatan Asli Daerah dari Retribusi PBG di Kabupaten Pemalang Terus Meningkat

Sabtu 21-10-2023,06:18 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, PEMALANG - Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) di Kabupaten Pemalang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal itu terungkap dalam rapat kerja Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang yang digelar di ruang rapat komisi, kemarin.

Adanya peningkatan retribusi PBG tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Pemalang Khaeron saat dimintai keterangan oleh Ketua Komisi C DPRD H Noor Rosyadi. 

BACA JUGA:Kemarau, Harga Tomat di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang Anjlok

Khaeron yang saat itu hadir bersama jajarannya oleh Ketua Komisi C dimintai untuk menyampaikan materi pembahasan. Yaitu tentang APBD tahun anggaran 2024. Dimana dalam materi yang disampaikan salah satunya terkait soal pendapatan asli daerah dari retribusi PBG. 

Menurutnya, jika dilihat perkembangannya retribusi PBG dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat pada tahun 2022 angka target sebesar Rp2,6 miliar realisasi mencapai Rp2,8 miliar. Sehingga ada kenaikan sebesar Rp200 juta. 

BACA JUGA:TNI-Polri dan Stakeholder Terkait di Kabupaten Pemalang Siap Amankan Pemilu 2024.

"Sedangkan target PBG tahun 2023 sebesar Rp3,5 miliar hingga September 2023 realisasinya sudah mencapai Rp3,3 miliar. Sehingga angka capaiannya 95,35 persen,"katanya.

Untuk target sebesar Rp3,5 miliar dengan sisa waktu yang ada, pihaknya memperkirakan dengan waktu yang ada, targetnya akan terpenuhi.

BACA JUGA:Jumadi Paparan, Kecerdasan Buatan Bisa Akses Segala Data

"Mudah-mudahan PAD retribusi PBG sebesar Rp 3,5 miliar di akhir tahun 2023 nanti akan dapat tercapai,"tandasnya. 

Kategori :