Ini Dia 5 Keunggulan Buah Apel bagi Kesehatan Tubuh Kita, No 3 Baik untuk Jantung

Selasa 05-09-2023,10:44 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

Bahkan serat larut dinilai membantu menurunkan kadar kolesterol darah, dan buah apel juga mengandung polifenol yang memiliki efek antioksidan. Sedangkan salah satu polifenol yang terkandung dalam apel adalah flavonoid epicatechin yang membantu menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA:WOW! tidak disangka 5 Manfaat Buah Jujube ini Bagus untuk Kesehatan

Dimana flavonoid juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi LDL buruk dan sebagai antioksidan.

4. Mempunyai Efek Prebiotik

Buah apel juga mengandung pektin, dimana sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotik yang artinya serat ini menjadi makanan yang tepat untuk bakteri baik yang ada di usus.

Bahkan dalam studi Nutrients menuliskan dimana usus kecil tidak menyerap serat selama proses pencernaan berlangsung, dan sebaliknya serat akan menuju ke bagian usus besar yang bisa membuat pertumbuhan bakteri baik lebih optimal.

5. Membuat Risiko Diabetes yang Rendah

Manfaat yang terakhir yakni selain menurunkan risiko penyakit jantung, ternyata buah apel juga dikaitkan dengan risiko diabetes yang rendah. Bahkan berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Advances in Nutrition.

Jika konsumsi buah apel sehari dikaitkan dengan 28 persen risiko diabetes tipe 2, dimana yang lebih rendah dibandingkan dengan tidak mengonsumsi buah ini.

Bahkan ada kemungkinan polifenol yang terkandung di dalam buah apel juga dapat membantu mencegah kerusakan jaringan sel beta pada organ pankreas. Sedangkan sel beta tersebut menghasilkan insulin di dalam tubuh akan tetapi pada pengidap diabetes tipe 2 dimana insulin sering kali mengalami kerusakan.

BACA JUGA:CATAT! 8 Khasiat Penting Buah Blueberry untuk Kesehatan, No 7 Bagus untuk Tulang

Demikian itu pembahasan tentang 5 manfaat buah apel, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :