Ini 6 Tanaman Obat yang Dapat Membantu Meredakan Gejala Asma, Nomor 6 Jarang Ada yang Tahu!

Minggu 13-08-2023,20:20 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Meiffio Hasanain Mayzaldin

Anda dapat menambahkan daun adas dalam makanan atau membuat teh dari daun adas kering.

BACA JUGA:7 Tanaman Herbal Ajaib yang Dapat Membantu Turunkan Berat Badan dengan Alami

5. Daun Mint

Daun mint memiliki sifat bronkodilator dan antispasmodik yang dapat membantu melebarkan saluran pernapasan dan meredakan kejang otot bronkus.

Peppermint juga memiliki efek menenangkan yang dapat membantu meredakan stres dan kecemasan yang dapat memicu serangan asma. Anda dapat membuat teh peppermint atau mengunyah daun mint segar.

6. Kapulaga

Selain sebagai bumbu yang memberikan rasa dan aroma yang nikmat pada hidangan rupanya kapulaga juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan paru-paru.

kapulaga memiliki bahan aktif yang disebut cineole, yaitu antimikroba dan antiseptik serta membantu mencegah infeksi bakteri yang dapat mempengaruhi paru-paru secara langsung atau tidak langsung.

Demikian pula, kapulaga juga memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, juga membantu menghentikan penuaan sistem pernapasan.

BACA JUGA:Ini Manfaat Lidah Buaya Selain Sebagai Tanaman Hias, Bisa Jadi Makanan dan Obat Lho

Meskipun tanaman obat dapat membantu meredakan gejala asma, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil langkah pengobatan alternatif.

Asma merupakan sebuah penyakit serius yang memerlukan pengelolaan yang tepat dan komprehensif.

Pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter tetap menjadi langkah utama dalam mengendalikan asma.

Sebagai pelengkap, penggunaan tanaman obat dapat menjadi pendekatan alami yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan meredakan gejala pada penderita asma.

BACA JUGA:Inilah 10 Manfaat Susu Kambing Etawa, Nomor 8 Baik Untuk Mengobati TBC dan Asma

Namun, tanaman obat bukanlah pengganti obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan tanaman obat untuk mengelola asma, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa ini adalah pilihan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda dan pengobatan yang sedang Anda jalani. (*)

Kategori :