Ini Manfaat Lidah Buaya Selain Sebagai Tanaman Hias, Bisa Jadi Makanan dan Obat Lho

Ini Manfaat Lidah Buaya Selain Sebagai Tanaman Hias, Bisa Jadi Makanan dan Obat Lho

--

DISWAYJATENG – Masyarakat Indoneisa sudah banyak yang mengetahui berjuta manfaat tanaman lidah buaya. Tanaman ini pun sangat fleksibel dalam arti mudah dan gampang untuk djadikan olahan apa saja.

Berbagai manfaat bisa kita dapatkan dari tanaman berlendir ini. Dari mulai segi kesehatan, keindahan serta dapat anda olah menjadi bebagai macam menu sajian.

Kandungan nutrisi dan vitamin dalam tanaman ini juga menjadikannya sebagai tanaman serbaguna.  

Menariknya lagi, manfaat-manfaat yang ditemukan dari zaman dahulu, hingga saat ini masih diketahui oleh banyak masyarakat. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang menanam dan merawat tanaman lidah buaya. Bahkan, ada yang sampai dijadikan sebagai ladang bisnis atau sumber pemasukan terutama dalam bidang kecantikan.

Ternyata tanaman lidah buaya ini dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cukup unik. Tanaman ini tidak mempunyai batang atau tangkai daun hanya memiliki daun dengan warna hijau serta pada bagian daun tersebut bergerigi.

Tanaman ini bisa ditanam dan diletakkan di dalam ruangan atau juga bisa diletakkan di luar ruangan, semua itu tergantung keinginan kamu.

Akan tetapi, jika dijadikan sebagai tanaman hias sebaiknya dijauhkan dari anak-anak atau hewan peliharaan karena tanaman ini bergerigi dan cukup tajam.

Lidah buaya yang berjenis Aloe Chinensis Baker ini pertama kali ditanam di Indonesia, pada tahun 1877. Ciri-ciri tanaman lidah buaya dengan jenis ini, seperti memiliki totol-totol putih pada bagian daunnya, pelepahnya memiliki warna hijau, dan bentuk dari pelepah lidah buaya berbentuk sedikit cekung.

Baru pada tahun 1980, tanaman lidah buaya yang sudah masuk ke Indonesia mulai mengembangbiakkannya. Para pembudidaya melakukannya di daerah Pontianak atau lebih tepatnya di Siantan Hulu.

Pada habitat aslinya, tanaman lidah buaya ini tumbuh di wilayah atau kawasan yang cukup kering, sehingga lidah buaya akan menyimpan cadangan airnya agar mampu bertahan hidup.

Tanaman lidah buaya ini dapat ditanam dan dirawat di dalam ruangan atau pun di luar ruangan. Maka dari itu, tunggu apalagi segeralah menanam dan merawat tanaman lidah buaya agar kamu bisa memanfaatkan kandungan didalamnya sekaligus mempercantik ruangan.

Manfaat Lidah Buaya

Merangkum dari laman gramedia.com, rasanya sudah tidak asing lagi jika tanaman lidah buaya ini sangat dikenal dengan manfaat-manfaatnya, baik untuk kesehatan atau dijadikan bahan olahan makanan.

Manfaat Lidah Buaya untuk Bisnis Makanan atau Minuman

1. Es lidah buaya

2. Kolak lidah buaya

3. Puding lidah buaya

4. Bolu lidah buaya

5. Dadar gulung lidah buaya

6. Manisan lidah buaya

7. Smoothes lidah buaya

8. Wedang jahe lidah buaya

9. Selai lidah buaya

10. Dodol Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan dan Kesehatan

1. Dapat digunakan untuk menghilangkan atau mencegah jerawat

2. Dapat digunakan untuk mengobati kulit kering

3. Dapat digunakan untuk mengurangi plak pada kulit

4. Dapat menurunkan kadar gula darah

5. Melancarkan pencernaan

6. Mengobati mata yang bengkak

Kesimpulan

Tanaman lidah buaya adalah salah tanaman yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, baik itu dari segi keindahannya atau dari segi manfaatnya. Terlebih lagi,

tanaman hias yang memiliki daun bergerigi ini, harganya tidak terlalu mahal. Namun, semua keindahan dan manfaat yang ada di dalam tanaman lidah buaya akan terasa sia-sia, jika kamu tidak melakukan perawatan dengan baik dan rutin. Oleh sebab itu, kamu perlu membiasakan diri untuk merawat tanaman lidah buaya benar dan rutin.

BACA JUGA:Perlu Anda Tahu! Begini Cara Menanam dan Merawat Tanaman Lidah Buaya. Simak Baik-Baik

Itulah manfaat tanaman lidah buaya yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda pecinta tanaman. (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: