Staf Ahli Menteri Koperasi Kunjungi UMKM Pemalang

Rabu 16-11-2022,07:17 WIB
Reporter : M Ridwan
Editor : Rochman Gunawan

PEMALANG (DiswayJateng) - Staf Ahli Menteri Koperasi dan UMKM beserta rombongan malakukan kunjungan ke UMKM di Kabupaten Pemalang. Mereka berada di Pemalang selama dua hari sejak Sabtu (22/11) hingga Minggu (13 /11)

 

Pada hari pertama, mereka  mengunjungi UMKM berbasis nanas yakni cita rasa di Desa Bulakan dan Vitanas di Desa Sikasur Kecamatan Belik. Selain bertemu dengan kedua pelaku UMKM tersebut, rombongan juga bertemu dengan petani dan pengepul nanas.

 

Di hari kedua, kunjungan ke pengrajin batik Artha Kencana, Arum Cempaka dan Sekar Manggar di Kecamatan Taman.

 

Staf Ahli Menteri Koperasi dan UMKM Agus Santoso menyampaikan, tujuan kunjungan ke pelaku UMKM adalah salah satu upaya untuk menggali informasi dan berusaha mencari jalan keluar untuk peningkatan usaha pelaku UMKM di Pemalang.

 

 

"Kami datang ke sini sebagai salah satu upaya peningkatan kesejahteraan UMKM dalam upaya pengentasan kemiskinan ekstrem yang ada di Kabupaten Pemalang," kata Agus.

 

 

Menurutnya, kunjungannya ke UMKM Pemalang ini merupakan kali kedua yang sebelumnya mengunjungi UMKM berbasis ikan dan nanas pada Oktober lalu. Kunjungan kedua ini merupakan kunjungan tindak lanjut dari kunjungan pertama. Dalam kunjungan ke dua ini juga membawa investor, buyer, lembaga Pengelolaan Dana Bergulir dari Kementrian Koperasi dan UMKM serta pengurus pusat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

 

"Pada pertemuan dengan kelompok tani nanas dan para pengepul, investor sudah sepakat ada kontrak penjualan nanas madu kualitas super minimal sebanyak 30 ton per bulan," ujarnya.

Kategori :