Sambut Hari Habitat Sedunia, USAID IUWASH Tangguh Berkunjung ke Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja Salatiga

Sambut Hari Habitat Sedunia, USAID IUWASH Tangguh Berkunjung ke Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja Salatiga

MENGGANDENG : USAID IUWASH Tangguh menggandeng influencer dan wartawan berkunjung langsung ke Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) Ngronggo, milik Kota Salatiga. Foto : Nena Rna Basri--

SALATIGA, diswayjateng.id - Menyambut Hari Habitat Sedunia, USAID IUWASH Tangguh berkunjung ke Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) Ngronggo, milik Kota SALATIGA.

Memilih langsung Kota Salatiga sebagai jujugan diskusi, USAID IUWASH Tangguh menggandeng influencer dan wartawan berkunjung langsung ke IPLT Ngronggo.

Nasional Koordinator Urban Sanitation USAID IUWASH Tangguh Immanuel Ginting mengatakan, diskusi serta kunjungan langsung ke IPLT Ngronggo Salatiga sebagai upaya mendorong sanitasi aman di kota Salatiga.

Ia kembali mempertegas, jika kehadiran USAID IUWASH Tangguh di Salatiga sekaligus menyambut Hari Habitat Sedunia.

BACA JUGA:Sambang Warga ke 23 Kelurahan, Pj Wali Kota Salatiga: Sarana Membangun Komunikasi

BACA JUGA:Pj Wali Kota Salatiga Harapkan Salatiga Ethnic Festival Miliki Jangka Panjang

"Jadi, kegiatan hari ini kita adakan dalam rangka memperingati Hari Habitat Sedunia. Dan ini ada pre event Hari Habitat yang akan kita laksanakan bersama dengan kementerian PUPR di Jogja mulai tanggal 9 sampai 12 Oktober," kata Immanuel Ginting, Kamis 10 Oktober 2024.

Sebelumnya, USAID IUWASH Tangguh berkunjung langsung ke instalasi pengelolaan lumpur tinja atau IPLT Ngronggo milik kota Salatiga Selasa 8 Oktober 2024.

Immanuel kembali menerangkan, bahwa USAID IUWASH Tangguh mengajak masyarakat khususnya warga Salatiga lebih peduli akan pentingnya pengelolaan limbah yang baik.

Tak hanya itu, pihak USAID IUWASH Tangguh juga berupaya memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat mengenai pengelolaan air limbah domestik.

BACA JUGA:Dua Hakim Cuti, PN Salatiga Tetap Ada Sidang Ditengah Aksi Solidaritas Hakim Indonesia

BACA JUGA:Pj Wali Kota Salatiga Bocorkan Proyek Gantangan Sebabkan Valentino Diperiksa Kejaksaan

"Tujuan utama dari kunjungan ini adalah memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat mengenai pengelolaan air limbah domestik," ungkapnya.

Dan pemilihan Salatiga, diakui Immanuel dengan karena alasan pasti bahwa sistem IPLT Ngronggo Salatiga
yang berjalan dengan baik.

"Selain di Salatiga sebenarnya kami juga menggelar beberapa agenda di Jakarta seperti webinar yang melibatkan masyarakat luas serta sosialisasi di beberapa TransJakarta," imbuhnya.

Sementara Kepala PUPR Syahdani Onang Prastowo yang turut menjadi pembicara di tengah kunjungan USAID IUWASH Tangguh di Salatiga juga menyelipkan harapan kepada segenap peserta dapat membantu memberikan edukasi ke seluruh lapisan terkait pentingnya sanitasi aman.

BACA JUGA:Tersimpan Aman di Gudang KPU, Kelengkapan Logistik Pilkada Salatiga Terpenuhi

BACA JUGA:Bawaslu Kota Salatiga Kantongi Bukti Kades Bantal Salaman dengan Cagub Luthfi

"Sebenarnya kami sudah melakukan berbagai kegiatan bersama ibu-ibu PKK, serta kelompok lain untuk mengedukasi masyarakat tetapi setelah kami evaluasi hasilnya kurang maksimal," aku Syahdani atau biasa disapa Dani.

Dani menambahkan, setelah pihaknya menggali lebih jauh apa yang menjadi hambatan ditemukan bahwa perilaku dan kesadaran manusia itu sendiri.

Olah karena itu melalui forum ini pihaknya berharap semua kalangan dapat membantu PUPR memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait sanitasi aman, sehingga generasi ke depan mendapatkan warisan yang bagus.

Hari Habitat Sedunia

Sebagai informasi dikutip dari ppid.menhlk.go.id menjelaskan bahwa Hari Habitat Sedunia adalah sebuah hari peringatan yang dilaksanakan pada hari Senin pertama di bulan Oktober setiap tahunnya.

Hari peringatan tersebut diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk merefleksikan keadaan kota-kota besar dan kecil, dan pada hak dasar semua orang untuk tempat tinggal yang memadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: