PMI Kabupaten Tegal Beri Bantuan Rp19,5 Juta untuk Korban Angin Kencang

PMI Kabupaten Tegal Beri Bantuan Rp19,5 Juta untuk Korban Angin Kencang

BANTUAN - Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo menyerahkan bantuan kepada keluarga terdampak bencana angin kencang.Foto:Yeri Noveli/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Rumah warga di Desa Banjaranyar dan Desa Batuagung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal banyak yang rusak setelah disapu angin kencang.

Guna meringankan beban para keluarga terdampak, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal menggelontorkan bantuan berupa uang tunai totalnya sebesar Rp19.550.000.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo didampingi Plt camat Balapulang dan sejumlah perangkat desa.

BACA JUGA:Fosil Kera Raksasa Dipamerkan di Trasa Kabupaten Tegal

"Bencana angin kencang ini terjadi pada Senin 1 Oktober 2024 sekitar jam tiga sore," kata Iman Sisworo.

Menurut Iman, hasil dari asesment PMI, jumlah rumah warga yang rusak ringan dan berat di dua desa tersebut sebanyak 37 unit. 

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka. Namun untuk kerugiannya sekitar Rp80 juta," sambungnya.

Sementara, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, angin kencang tidak hanya merusak atap rumah warga, tapi juga menumbangkan 9 pohon besar.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Serahkan Bantuan Paket Tandon Air

Bahkan, pohon tumbang itu mengakibatkan lalu lintas kendaraan tersendat. Karena lokasinya di Jalan Raya Tegal-Purwokerto Dukuh Kaligimber, Desa Banjaranyar, Kecamatan Balapulang.

Dari 9 pohon yang tumbang, 6 diantaranya menutup jalan raya. Kemudian 3 pohon di area SPBU Banjaranyar. Selain pohon, 3 tiang kabel Wi-Fi Telkom juga roboh menutup jalan raya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: