Fosil Kera Raksasa Dipamerkan di Trasa Kabupaten Tegal

Fosil Kera Raksasa Dipamerkan di Trasa Kabupaten Tegal

KONPRESS - Plt Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Suspriyanti didampingi Kepala Unit Museum Situs Semedo Gatot saat konferensi pers.Foto:Yeri Noveli/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Museum Semedo menggelar Gigantopithecus Expo 2024, sejak 17 September hingga 13 Oktober 2024. Kegiatan ini merupakan program kolaborasi antara Unit Museum Semedo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal, Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Tegal (DKDKT) dan Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT). 

Berbagai rangkaian program dilaksanakan untuk memeriahkan Gigantopithecus Expo 2024, diantaranya Dialog Budaya Gendu-Gendu Rasa Kethek Raksasa, Napak Tilas, Kompetisi Karya Kreatif 'Batire Opith', Pagelaran Kolosal Panditha Wanara Agung dan Pameran Temporer Wanara Serba. 

BACA JUGA:SMP Negeri 6 Kota Tegal Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

Plt Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal, Suspriyanti, mengatakan Expo 2024 ini bertujuan untuk mensosialisasikan Gigantopithecus blacki yang merupakan spesies kera raksasa yang pernah hidup di bumi. 

Fosil kera raksasa ini ditemukan di Semedo, Kabupaten Tegal pada tahun 2014 dan 2022, berupa rahang bawah dan gigi. 

"Kita ingin mensosialisasikan Gigantopithecus Blacki ini kepada masyarakat, karena ini se-Asia Tenggara hanya ada di Kabupaten Tegal, sudah seharusnya ini menjadi kebanggaan kita," kata Suspriyanti.

BACA JUGA:Tiga Residivis Pencurian di Kudus Disergap Polisi, Uang Hasil Kejahatan untuk Nafkahi Anak Istri

Selain mensosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Tegal, kata Suspri, kegiatan ini juga untuk mengenalkan Gigantopithecus Blacki kepada masyarakat di luar daerah, nasional hingga internasional. 

"Sehingga orang berduyun-duyun datang ke Museum Semedo untuk melihat Gigantopithecus Blacki ini, dimana Museum Semedo ini dalam satu bulan pengunjungnya tidak kurang dari 6.000 orang," ujarnya. 

Adapun, rangkaian program mendatang, akan digelar Pameran Temporer Wanara Serba pada 7-13 Oktober 2024 di Co-Working Space Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA:Wantimpres Soroti Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Kudus, Fokus Kebersihan dan Pengolahan Makanan

"Pembukaan dimulai pada tanggal 7 Oktober 2024 pukul 08.00 WIB. Nanti, Gigantopithecus Blacki atau fosil kera raksasa ini akan kami pamerkan di lantai bawah Co-Working Space Trasa," ujarnya. 

Kemudian, ada juga kegiatan dari Pekan Kebudayaan yang akan menampilkan Wayang Gagrak, Sampyong, Tarian Kuntulan dan lainnya. Pada 13 Oktober 2024, akan digelar pula Pagelaran Kolosal Panditha Wanara Agung. 

"Kegiatan ini dibuka untuk umum dan gratis," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: