SMP Negeri 6 Kota Tegal Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

SMP Negeri 6 Kota Tegal Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

MENUNJUKAN-Kepala SMP Negeri 6 Tegal Surip menunjukan piagam penghargaan adiwiyata nasional.Foto:Meiwan Dani R/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, TEGALSMP Negeri 6 Kota Tegal menorehkan prestasi gemilang dengan menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional. penghargaan tersebut diterima langsung dari Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Alue Dohong di Auditorium Dr Ir Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Kepala SMP Negeri 6 Kota Tegal Surip mengatakan, penghargaan Adiwiyata Nasional itu diperoleh setelah mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat kota dan provinsi. Ada masa persiapan satu tahun untuk meraih setiap penghargaan.

BACA JUGA:Tiga Residivis Pencurian di Kudus Disergap Polisi, Uang Hasil Kejahatan untuk Nafkahi Anak Istri

Setelah mendapatkan penghargaan itu maka, sekolah akan mewujudkan sekolah rindang, nyaman dan sehat. Selain itu, ada juga kurikulum yang berkaitan dengan adiwiyata, seperti bahasa Indonesia. Bahkan akan ada kurikulum yang berkaitan dengan lingkungan yang bersih dan sehat, misal mapel IPA yang dikaitkan dengan penanaman pohon.

"Sedangkan untuk instrumen penilaian dari DLH, yang telah membina sekolah dari Adiwiyata kota, provinsi, nasional dan mandiri," katanya.

BACA JUGA:Wantimpres Soroti Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Kudus, Fokus Kebersihan dan Pengolahan Makanan

Sebelum penghargaan diterima, sekolah sudah melakukan berbagai kegiatan yang ada kaitanya dengan lingkungan. Diantaranya, kampanye lingkungan yang di dokumentasikan dan di posting di media massa dan sosial untuk mengajak masyarakat menjaga lingkungan.

Selanjutnya ada aksi bersih-bersih tempat umum yang melibatkan siswa dan guru. Semua itu juga termasuk bagian dari penilaian.

"Setelah ini, kita menargetkan Adiwiyata Mandiri, diperkirakan Juli 2026. Sekolah akan terus mempersiapkan diri agar dapat meraih Adiwiyata Mandiri," ujarnya.

BACA JUGA:Serapan APBD Kudus 2024 Rendah, TEPRA Desak OPD Realisasikan Pekerjaan

Ada beberapa hal yang akan dibenahi menuju Adiwiyata Mandiri, mulai dari lingkungan dan keamanan sekolah. Bahkan sekolah ramah anak dan pola hiduo sehat siswa agar selalu diterapkan.

"Saya berharap adanya penghargaan tersebut, akan menciptakan iklim sekolah yang nyaman dan siswa belajar dengan baik," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: