Dinkes Kabupaten Tegal Adakan Pelatihan Konseling PMBA

Dinkes Kabupaten Tegal Adakan Pelatihan Konseling PMBA

PELATIHAN - Belasan tenaga kesehatan dari beberapa puskesmas di Kabupaten Tegal mengikuti pelatihan konseling PMBA di Bapelkes, Semarang.Foto:Yeri Noveli/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal. Menggelar Pelatihan Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) di Bapelkes Kampus Ungaran, Kabupaten Semarang, Senin (30/9/2024) hingga Kamis (3/10/2024). Kegiatan ini diikuti 15 orang dari beberapa puskesmas di Kabupaten Tegal.

Ketua Tim Kerja Gizi Dinkes Kabupaten Tegal Puji Kusumawati SKM mengatakan, tujuan kegiatan ini agar para peserta mampu memberikan konseling PMBA. 

BACA JUGA:TMMD, Tingkatkan Kesejahteraan dan Percepatan Pembangunan Daerah

Selain itu juga peserta mampu menjelaskan konsep PMBA, melakukan praktik emberian Air Susu lbu (ASI), melakukan pemberian makan ibu hamil, ibu menyusui dan Makanan Pendamping (MP) ASI. 

"Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang/angkatan," kata Puji Kusumawati.

BACA JUGA:Silaturahmi Kapolres Tegal, Paslon 1 Tidak Dapat Undangan

Untuk kriteria peserta, adalah tenaga kesehatan dari Puskesmas atau Dinkes Kabupaten Tegal. Peserta minimal sudah mengikuti salah satu pelatihan, yaitu konseling menyusui, pemantauan pertumbuhan dan MP-ASI. Sedangkan untuk kriteria pelatih atau fasilitator yaitu, telah mengikuti pelatihan konseling PMBA, memahami modul PMBA secara utuh dan memiliki komitmen yang tinggi dalam memfasilitasi pelatihan PMBA

"Para peserta ini nantinya akan mendapatkan sertifikat. Tapi nilainya minimal 70. Sedangkan peserta yang tidak lulus, hanya mendapat surat keterangan," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: