Siswa SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal Dilatih Membuat Sketsa Batik

Siswa SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal Dilatih Membuat Sketsa Batik

HARI BATIK - Siswa SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal belajar membuat konsep sederhana sketsa batik dalam kegiatan untuk memperingati Hari Batik Nasional.Foto:K Anam S/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Kota Tegal atau SD Mutu memperingati Hari Batik Nasional dengan menyelenggarakan kegiatan di sekolah. Kegiatan yang diselenggarakan sekolah yang berlokasi di Jalan Cempaka itu antara lain memperkenalkan dan melatih siswa untuk membuat skesta Batik dengan konsep yang sederhana. 

Kegiatan untuk memperingati Hari Batik Nasional diikuti siswa kelas I-VI. Baik siswa dan guru ke sekolah dengan mengenakan baju batik. “Batik merupakan warisan budaya leluhur yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia, karena itu batik harus dilestarikan,” kata Kepala SD Mutu Ina Oktaviana SPdSD di sela-sela kegian.

BACA JUGA:Silaturahmi Kapolres Tegal, Paslon 1 Tidak Dapat Undangan

Dengan melatih dan mengenalkan konsep sederhana sketsa batik kepada siswa pada Hari Batik Nasional, SD Mutu berharap siswa dapat memahami bahwa baju batik yang dikenakan mereka dibuat dalam waktu yang lama. Selain itu,  prosesnya tidak mudah dan membutuhkan banyak peralatan. Yakni seperti kain mori, canting, plet, dan sebagainya. 

Pengenalan dan pelatihan konsep sederhana membuat sketsa batik dilakukan Koordinator Estrakurikuler Seni Lukis SD Mutu Nur Sofiaty SH dan Kepala Perpustakaan SD Mutu Arisky Eka Sany SPip. Menurut Ina, kegiatan ini sekaligus menumbuhkan rasa cinta budaya sejak dini serta pembelajaran bersyukur.  “Kita harus bersyukur dan bangga terhadap kebudayaan Indonesia,” imbuh Ina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: