Peringati Hari Batik Nasional, 40 Orang Membatik Bersama Desainer

Peringati Hari Batik Nasional, 40 Orang Membatik Bersama Desainer

Sejumlah peserta mengikuti pelatihan membatik pada acara membatik.Dalam memperingati hari batik nasional ini mengusung tema Cerita Dibalik Kain--Wahyu sulistiyawan

SEMARANG, diswayjateng.id - Untuk memperingati hari Batik Nasional yang jatuh pada Selasa, 2 Oktober 2024, sejumlah 40 orang mengikuti pelatihan membatik bersama para desainer Kota Semarang, di Hotel Wimarion, Kota Semarang.

Peserta yang mengikuti pelatihan membatik tersebut berasal dari kalangan mahasiswa, ibu rumah tangga, influencer dan para desainer.

Hari Batik Nasional 2024 ini mengusung tema "Cerita Dalam Kain" dengan arti menceritakan bagaimana sebuah proses yang panjang agar dapat tertuang dalam kain. 

Ketua panitia Hari Batik, Widya Andhika mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terutama anak muda, bagaimana rumit dan indahnya sebuah proses dalam pembuatan batik. 

"Kita ingin menyampaikan bagaimana sebuah proses yang panjang agar batik dapat tertuang dalam kain, sehingga dapat diapresiasi bersama dan menjadi bagian dari identitas bangsa," ungkapnya kepada wartawan diswayjateng.id, Senin 1 Oktober 2024. 

BACA JUGA:Kapolres Boyolali Alami Kecelakaan di Tol Pemalang-Batang, Ajudan dan Sopir Meninggal Dunia

BACA JUGA:Ngeri, Beginilah Kesaksian Detik-detik Kecelakaan Mobil Kapolres Boyolali

Kegiatan Hari Batik Nasional ini tidak hanya pelatihan cara membuat batik saja, melaikan ada talkshow disertai fashion show serta personality workshop. Dalam acara tersebut juga dimeriahkan adanya bazar batik dari para desainer.

Widya Andhika menambahkan, inovasi terbaru dalam batik saat ini adalah penggunaan pewarna alam, meskipun batik merupakan suatu budaya namun budaya juga harus mengikuti perkembangan zaman. 

"Ya, meskipun batik merupakan suatu budaya, tapi budaya itu harus berkembang sesuai zaman," tambahnya.

Pada kegiatan Hari Batik Nasional ini diikuti 26 desainer dari Indonesian Fashion Chamber Kota Semarang dari total 40 desainer se Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: