Gelar Fasilitasi Bantuan Pengembangan Ekonomi Masyarakat

Gelar Fasilitasi Bantuan Pengembangan Ekonomi Masyarakat

BEKAL - Kabid Linjamsos dan Kebencanaan memberi bekal KPM penerima bantuan pengembangan ekonomi.Foto:Hermas purwadi/diswayjateng.disway.id --

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Bertempat di Aula Dinas Sosial, digelar fasilitasi bantuan pengembangan ekonomi masyarakat. Kepala  Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan melalui Kabid Linjamsos dan Kebencanaan  Muhammad Agus Fauzan meyatakan, kegiatan ini  dimaksudkan untuk  mmberikan dukungan  program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Melalui pemberdayaan masyarakat miskin ekstrem. “Diharapkan, ke depan mereka mampu mengembangkan usaha dan menambah pendapatan ekonomi keluarga," ujarnya. 

Dia juga berharap kegiatan ini bisa mengubah pola pikir dan sikap mental keluarga miskin ekstrem dari ketergangtungan komsumtif menjadi mandiri dan produktif. Setidaknya, dari kegiatan ini bisa  meningkatkan pendapatan melalui usaha ekonomi keluarga miskin ekstrem. “Serta menumbuhkan potensi yang dapat dikembangkan oleh penerima manfaat," cetusnya. 

BACA JUGA:PMI Batang Sabet 7 Penghargaan di Kemah Bhakti Sibat Nasional

Pihaknya juga berharap  dari kegiatan ini dapat menciptakan proses bisnis kewirausahaan dari aspek sosial dan ekonomi untuk mengembangkan potensi dan kemampuan keluarga miskin dalam mengelola usahanya.

Kegitan melibatkan  calon penerima manfaat bantuan modal usaha sebanyak 96 orang, berikut pendamping sosial sebanyak 25 orang. “Yang ditugaskan di 25 desa atau 5 kecamatan," ungkapnya. 

BACA JUGA:Rambo Blusukan ke Salatiga, Ladenin Selfie Warga Sampaikan Program Permudah Akses Kredit UMKM

Kegiatan ini  adalah salah satu cara untuk melahirkan inovasi baru serta kreativitas. Diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran jiwa kewirausahaan ibu-ibu keluarga penerima manfaat. Agar bisa lebih kreatif dalam menjalankan dan mengembangkan usaha yang dimiliki.

Sehingga, ke depan bukan tidak mungkin ibu-ibu peserta bisa memperbaiki taraf hidup keluarga masing-masing. “Sehingga tidak lagi bergantung pada bantuan sosial apapun," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: