7 Cara Lepas dari Pinjaman Online

7 Cara Lepas dari Pinjaman Online

tips lepas dari pinjaman online--foto wongkito.co

BACA JUGA:Begini Cara Bebas dari Pinjol yang Efektif, Tak Perlu Khawatir Didatangi Debt Collector

4. Prioritaskan Hutang dengan Bunga Besar

Jika kalian memiliki jeratan hutang lebih dari satu, maka memprioritaskan hutang dengan bunga paling besar merupakan salah satu cara yang bisa dicoba. 

Kalian bisa menuliskan pokok kredit, bunga, tenor, serta jumlah cicilan perbulan untuk masing-masing hutang. Jika sudah dibuat daftar, fokuslah untuk membereskan hutang dengan kredit pokok terbesar.

Hal ini perlu dilakukan supaya kalian tidak kebingungan terkait hutang yang harus dilunasi terlebih dahulu. Apabila hutang paling besar sudah terselesaikan, maka kalian dapat beranjak untuk melunasi hutang-hutang lainnya sesuai urutan.

5. Mencari Kerja Sampingan

Mencari penghasilan tambahan dengan pekerjaan sampingan merupakan salah satu cara tepat apabila gaji tidak mencukupi. Cobalah mencari kerja sampingan yang dapat dilakukan di luar jam kerja, misalnya menjadi pekerja lepas atau membuka bisnis makanan.

BACA JUGA:Cara Lepas dari Pinjol Supaya Utang cepat Terselesaikan, Begini Langkah Cerdas agar Bebas dari Jeratan Pinjol

6. Menghubungi Perusahaan Pinjaman Online 

Apabila kalian terus dihubungi oleh nomor telepon pinjol alias pinjaman online, maka usahakan untuk tidak menghindar, seperti mengganti nomor atau memblokir nomor pinjol.

Sebaiknya, sampaikan secara baik-baik bahwa kalian akan membayar, namun sampaikan juga kondisi keuangan dan rencana pembayaran tunggakan hutang tersebut. Atau, hubungi kontak perusahaan secara langsung untuk menceritakan kondisi keuangan secara transparan, misal sedang dalam kesulitan sehingga harus menunda pembayaran.

Jika ingin lebih dipercaya, sertakan juga bukti yang kredibel. Dengan begitu, kalian mempunyai alasan kuat untuk mengajukan keringanan.

7. Menjual Barang dan Aset

Kalian juga dapat menjual aset atau barang-barang yang sudah tidak digunakan dengan cara preloved sebagai salah satu solusi lepas dari pinjol. Bisa juga dengan menjual aset investasi, seperti emas, tanah, atau lainnya.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai tips lepas dari pinjol alias pinjaman online yang dapat kalian lakukan dan terapkan agar terhindar dari berbagai risiko yang merugikan. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.ocbc.id/id/article/2023/07/27/cara-lepas-dari-pinjol