Terjerat Pinjol? Begini 5 Tips Lepas dari Pinjaman Online, Langkah Menuju Finansial Sehat

Terjerat Pinjol? Begini 5 Tips Lepas dari Pinjaman Online, Langkah Menuju Finansial Sehat

tips lepas dari pinjol --foto investree blog

DISWAY JATENG - Sebelum melakukan tips lepas dari pinjaman online, sebaiknya mengetahui mengenai ketentuan pinjaman terlebih dahulu. Karena itu, perlu mengetahui informasi bunga, biaya administrasi, dan tanggal jatuh tempo pembayaran. 

Kemudahan dan kecepatan pencairan dana dari pinjaman online kerap dijadikan jalan ninja untuk mendapatkan uang secara instan. Sayang, beberapa di antaranya justru membuat nasabah merasa terjebak. Karena itu, penting ketahui tips lepas dari pinjaman online jika kalian sudah terlanjur terjerat ke dalamnya. 

Tips lepas dari pinjaman online bisa menjadi solusi untuk menghindari utang dan tagihan yang membengkak. Sebab pinjaman online kini marak digunakan sebagai alternatif untuk memenuhi berbagai kebutuhan mendesak. 

Lalu, bagaimana tips lepas dari pinjaman online? Berikut ada beberapa langkah efektif yang bisa kalian lakukan agar tidak terjebak pinjaman online yang berkepanjangan. 

BACA JUGA:10 Cara Terlepas dari Pinjol dengan Mudah, Terbebas dari Jeratan Utang dan Kejaran DC Lapangan

 

Terjebak pinjol merupakan kondisi yang bisa memperburuk hidup seseorang, terutama dalam hal keuangan. Sebab, bunga tinggi dan skema pembayaran agresif bisa membuat kalian terjebak dalam lubang utang yang semakin dalam.

Agar tidak berlarut-larut, kalian bisa mempraktikkan beberapa langkah efektif berikut ini: 

1. Hindari Menambah Utang Baru

Meski kemudahan pinjaman online bisa membuat terlena untuk menambah utang baru, sebaiknya berhenti mencari pinjaman, apalagi jika ditujukan untuk menutup utang lama.

Jika hal ini terjadi, kalian akan terpuruk ke dalam kondisi utang yang lebih dalam. Artinya, membiarkan bunga semakin menumpuk dan menyulitkan kondisi keuangan kalian sendiri.

2. Buatlah Daftar Utang Pinjol dan Urutkan dari yang Terbesar

Jika kalian memiliki utang ke beberapa pemberi pinjaman atau pinjol, sebaiknya buatlah daftar utang tersebut. Catat semua utang yang kalian miliki, termasuk:

  • Bunga dan biaya lainnya
  • Tanggal jatuh tempo pembayaran
  • Jumlah pinjaman awal
  • Sisa pinjaman saat ini.

BACA JUGA:Begini Cara Bebas dari Pinjol yang Efektif, Tak Perlu Khawatir Didatangi Debt Collector

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: