Sampai Kapan Bunga Pinjol Berhenti? Ini Penjelasannya

Sampai Kapan Bunga Pinjol Berhenti? Ini Penjelasannya

sampai kapan bunga pinjol akan berhenti--foto finansial bisnis

DISWAY JATENG.ID - Sampai kapan bunga pinjol akan berhenti? Pinjol alias pinjaman online dijadikan cara utama yang tercepat untuk mendapatkan uang, dengan bermodal Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja dapat mencairkan uang dengan instan.

Selain itu, pinjaman online juga menawarkan bunga yang relatif rendah dan proses pencairan yang cepat. Saat ini, pinjaman online atau pinjol menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin mengajukan kredit. Lantas, sampai kapan bunga pinjol akan berhenti? 

Walaupun pinjaman online atau pinjol menawarkan bunga yang cukup rendah, alhasil mereka seringkali meminjam dari beberapa pinjaman online untuk menutupi pinjaman lainnya. Namun, ini membawa banyak risiko apalagi jika terjadi galbay alias gagal bayar yang terjadi pada pinjol legal. Karena itu, sampai kapan bunga pinjol akan berhenti?

Banyak dari mereka yang mengalami kesulitan dalam membayar tagihan pinjol legal, sebab meminjam lebih dari satu aplikasi pinjaman online akibatnya bunga utang menjadi tidak terkendali. Untuk itu, sampai kapan bunga pinjol akan berhenti? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:Kapan Kondisi Bunga Pinjol akan Berhenti? Ini Penjelasannya

Namun demikian, ada yang mesti dilihat soal pembayaran pinjaman online ini, hal ini berkaitan dengan bunga yang dibayar bila telah lewat jatuh tempo.

Apalagi dengan bunga yang tidak terlalu besar, sangat menggiurkan untuk masyarakat untuk mengajukan pinjaman. Karena itu, hal-hal terkait pinjaman online terus menarik. Termasuk soal sampai kapan bunga pinjol akan berhenti?

Sampai Kapan Bunga Pinjol Akan Berhenti?

Bunga pinjol dapat berhenti dalam beberapa situasi:

1. Keterlambatan 91-180 Hari

Setelah 90 hari keterlambatan, bunga akan tetap berjalan selama 91-180 hari. Selama periode ini bunga akan tetap dikenakan.

2. Penurunan Bunga Secara Regulasi

Mulai 1 januari 2024, OJK telah menetapkan batasan bunga pinjaman online yang lebih rendah. Bunga untuk pinjaman konsumtif jangka pendek kurang dari 1 tahun sebesar 0,3% per hari. Ini berarti bunga akan tetap berjalan dengan batasan yang lebih rendah.

BACA JUGA:5 Penyebab Bunga Pinjol Sangat Tinggi, Waspadai Sebelum Mengajukan Aplikasi Pinjaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: