5 Penyebab Bunga Pinjol Sangat Tinggi, Waspadai Sebelum Mengajukan Aplikasi Pinjaman

5 Penyebab Bunga Pinjol Sangat Tinggi, Waspadai Sebelum Mengajukan Aplikasi Pinjaman

Penyebab bunga di pinjol tinggi--

DISWAY JATENG - Saat ini pinjaman online menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan dana dengan mudah. Namun ada kekurangan dari pinjol, yakni suku bunga tinggi.

Meski menawarkan kemudahan, bunga tinggi dari pinjol bisa jadi penyebab utama adanya penumpukan utang bagi nasabah. Lalu apa saja penyebab bunga di pinjol tinggi yang perlu diketahui oleh calon pengguna pinjaman online?

Penyebab bunga di pinjol tinggi perlu diketahui sebelum Anda mengajukan pinjaman di layanan ini. Pasalnya banyak nasabah yang lalai dengan besaran suku bunga dan menyebabkan penumpukan utang.

BACA JUGA: 3 Tips Mudah Mendapatkan Pinjaman Online Bunga Rendah Cepat Cair dan Resmi OJK

Umumnya pihak penyedia pinjol akan memberikan suku bunga mulai dari 0,5% hingga 0,8% per hari. Jika dikalkulasikan dalam datu bulan nasabah bisa terbebani bunga 1,5 sampai 24%.

Besaran bunga tersebut biasanya ditetapkan di platfrom pinjol legal resmi terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun jika platfrom yang digunakan ilegal, maka siap-siap dikenai suku bunga mencapai 30% bahkan bisa lebih.

Dengan adanya besaran bunga pinjol ilegal tersebut, bukan menolong Anda melainkan mencekik nasabah. Karena itu, pastikan Anda pilah-pilih dalam menggunakan pinjaman online dan pahami alasan kenapa bunga tinggi.

BACA JUGA: 10 Tips Ampuh Hindari Teror DC saat Galbay, Hindari Denda dan Bunga Menumpuk

Meskipun pengajuan yang mudah hanya bermodalkan KTP saja, namun jika tidak digunakan dengan bijak akan dikenai bunga tinggi. Lalu apa saja penyebab bunga di pinjol tinggi?

Penyebab bunga pinjol sangat tinggi

1. Pinjaman Mudah Cair

Penyebab bunga di pinjol tinggi pertama, yakni pinjaman yang mudah cair. Pasalnya untuk mengajukan pinjaman di pinjol memiliki syarat mudah seperti KTP dan pendaftaran yang dilakukan secara online.

Bahkan untuk mengajukan pinjaman Anda tidak perlu mendatangi kantor. Selain itu, pinjaman ini terbuka bagi semua orang dan sasaranya pada pengguna yang tidak bisa mengakses pinjaman di bank.

BACA JUGA: Begini 5 Cara Menghindari Pinjol Ilegal dengan Tepat, Lakukan Cara ini Agar Terhindar Bunga yang Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: