5 Daerah Unik di Jawa Tengah, Ada Desa Jeblog dan Dusun Setan

5 Daerah Unik di Jawa Tengah, Ada Desa Jeblog dan Dusun Setan

daerah unik di Jawa Tengah yang ada desa jeblog dan dusun setan-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Setiap daerah tentunya terdapat sesuatu yang Unik dan menarik. Nama dusun atau desa yang berada di tiap daerah memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri termasuk daerah unik di Jawa Tengah.

Beberapa daerah unik di Jawa Tengah memiliki nama yang lucu bila membaca atau mendengarnya. Bahkan, bagi beberapa orang mungkin namanya terdengar sedikit jorok.

Daerah unik di Jawa Tengah kebanyakan daerah dengan nama yang nyentrik  itu memiliki cerita yang menjadi asal muasal penamaan daerah tersebut yang tentunya bisa menjadi ciri khasnya.

Dalam artikel ini akan kami telusuri tentang lima daerah unik di Jawa Tengah yang ada desa jeblog dan dusun setan. Mari kita simak dan baca hingga selesai ya!

BACA JUGA:Lagi Hits! Destinasi Wisata Unik Dan Asik Di Jawa Tengah, Liburan Wajib Kesini

 

1. Kampung Koplak

Kampung di tengah kota Boyolali ini punya nama unik. Koplak namanya. Ada cerita yang menyebabkan kampung itu dinamakan Koplak. Dalam Bahasa Jawa, kata koplak biasa untuk menyebut keadaan suatu wadah tertutup yang tak terisi penuh. Namun, koplak bisa juga diartikan sinting jika kata itu disematkan di belakang nama seseorang.

Bagi warga Boyolali dan sekitarnya, Kampung Koplak tentu sudah tak asing. Lokasinya berada tepat di kawasan jantung kota Boyolali. Tepatnya di depan Pasar Boyolali, Jalan Pandanaran.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Ichsanudin mengatakan, kampungnya dulu adalah terminal atau lokasi pemberhentian sekaligus penginapan sarana transportasi zaman dahulu. Mulai dari andong (kereta kuda), gerobak (ditarik sapi) dan gluthuk (gerobak yang ditarik orang).

Bermacam sarana transportasi itu untuk mengangkut dagangan ke Pasar Boyolali. Daerah itu menjadi lokasi pemberhentian atau penginapan alat transportasi tradisional.

"Jadi terminal itu sejak sekitar 1925. Karena menjadi lokasi terminal andong, dokar, gerobak, gluthuk itulah akhirnya sebutan Koplak semakin terkenal. Seiring waktu, orang terus menyebut wilayah di sini dan sekelilingnya dengan sebutan Kampung Koplak," jelas Udin, sapaan akrabnya.

BACA JUGA:10 Jenis Makanan Tradisional di Jawa Tengah yang Unik dan Lezat

2. Desa Jeblog

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: