5 Jenis Makanan Khas Jawa Tengah Ini Memiliki Nama Yang Unik, Penasaran?

5 Jenis Makanan Khas Jawa Tengah Ini Memiliki Nama Yang Unik, Penasaran?

Jenis makanan khas Jawa Tengah yang memiliki nama unik-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Berbicara makanan tentunya tiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri. Beragam makanan khas itu selalu diburu para wisatawan lokal maupun mancanegara saat berkunjung tidak lain makanan khas Jawa Tengah.

Tetapi disamping makanan-makanan itu, ternyata ada beragam makanan khas Jawa Tengah yang memiliki nama unik. Ingin tahu apa saja?

Dalam artikel ini akan kami bahas mengenai Jenis makanan khas Jawa Tengah ini memiliki nama yang unik, Penasaran? Mari kita simak dan baca sampai akhir ya!

BACA JUGA:6 Pakaian Adat Jawa Tengah yang Mendunia dan Memiliki Ciri Khas Tampilan Unik

Berikut ini lima makanan khas Jawa Tengah yang memiliki nama unik:

1. Nasi Grombyang

Pemalang memiliki makanan khas yang namanya unik, yaitu nasi grombyang. Dinamakan demikian, karena makanan ini disajikan dengan kuah yang lebih banyak dibandingkan isinya sehingga membuat makanan ini terlihat  grombyang-grombyang ataupun bergoyang.

Makanan ini biasanya terdiri dari nasi, daging kerbau, serta kuah yang sudah diracik dari berbagai bumbu yang sangat bervariasi. Tak hanya itu, makanan ini juga disajikan dalam mangkuk kecil dan dilengkapi dengan sate kerbau.

Tak sulit mencari kuliner ini di Pemalang. Biasanya, para penjual memiliki ciri khas sendiri yaitu menggunakan kuali berukuran besar dengan tempat nasi yang ditutup menggunakan kain berwarna merah.

Selain itu, biasanya mereka juga menggunakan penerangan lampu warung yang remang-remang.

2. Nasi Gandul

Nasi gandul atau sego gandul adalah makanan khas Pati, Jawa Tengah. Sekilas makanan ini mirip dengan semur daging atau gulai. Namun, di Pati sendiri makanan ini merupakan nasi yang disajikan dalam daun pisang dan biasanya ditambahkan lauk berupa daging sapi dan kuah segar.

Kelezatan makanan khas Pati ini terletak pada nasinya yang memiliki cita rasa lebih gurih dari nasi uduk pada umumnya. Tak hanya itu, makanan ini juga memiliki wangi yang sedap dan tentu saja menggugah selera.

Di Pati sendiri, makanan ini dijual dengan harga berkisar Rp 12 ribu hingga Rp 20 ribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: