8 Cara Ampuh Mengatasi Terlilit Hutang Pinjol, Stop Gali Lubang Tutup Lubang

8 Cara Ampuh Mengatasi Terlilit Hutang Pinjol, Stop Gali Lubang Tutup Lubang

cara mengatasi terlilit hutang pinjol --foto media konsumen

DISWAY JATENG - Berikut ada beberapa cara mengatasi terlilit hutang pinjol yang bisa kalian coba dan lakukan supaya aman dari teror dan kejaran Debt Collector (DC) pinjaman online. Karena itu, simak artikel ini sampai tuntas, ya.

Fintech pinjol menawarkan banyak berbagai kemudahan. Pengajuan pinjaman yang dulu sulit dan lama diproses di bank sekarang menjadi sangat mudah dan cepat oleh pinjaman online. Namun akibat kemudahan tersebut, banyak orang terjebak pinjaman online. Maka dari itu, perlu ketahui cara mengatasi terlilit hutang pinjol yang bisa kalian terapkan. 

Cara mengatasi terlilit hutang pinjol merupakan solusi tepat jika kalian sedang mengalami galbay alias gagal bayar. Seperti yang diketahui DC lapangan akan melakukan penagihan kepada nasabah yang menunggak atau gagal bayar. 

Tidak sedikit orang yang terjebak pinjaman online. Lalu, bagaimana cara mengatasi terlilit hutang pinjol? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:Tips Mencegah Terlilit Hutang Pinjol Ilegal, dan Ketahui Cara Bebas dari Pinjol Ilegal Tanpa Bayar

 

1. Negosiasi Minta Keringanan

Pada dasarnya, semua pinjaman online ingin mendapatkan pokok pinjaman dan bunga dibayar penuh oleh debitur. Namun, dalam kondisi debitur dalam kesulitan, perusahaan juga tidak ingin debitur menunggak dan tidak bayar sama sekali. Uang masuk itu, walaupun kecil penting sekali buat perusahaan pinjaman.

Jadi, debitur yang lagi kesulitan bisa menyampaikan niat baiknya untuk membayar, tetapi dengan kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan kalian bisa meminta keringanan pembayaran.

2. Stop Gali Lubang Tutup Lubang 

Cara mengatasi terlilit hutang pinjol berikutnya yaitu stop gali lubang tutup lubang dengan pinjaman online yang baru. Sebab jika tidak di stop maka hutang akan semakin membengkak. 

Kemudian, dengan mengambil pinjaman baru seolah - olah masalah sudah selesai karena sudah punya uang lagi. Padahal, kenyataanya tidak, hutang lama masih ada dan justru semakin besar. Jadi, paling utama yaitu berhenti mengambil pinjaman baru dan stop berhutang.

3. Pinjam Orang Lain atau Pinjam di Kantor

Meskipun mudah dan cepat, karakter pinjol yaitu bunganya yang tinggi. Saat ini bunga pinjol resmi mencapai maksimal 0.4% sehari atau 12% sebulan atau 144% setahun. Jadi, beban bunga memakan porsi yang cukup signifikan dari kewajiban pembayaran pinjaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: