7 Cara Jitu Melunasi Hutang Pinjol agar Tidak Galbay, Ikuti Langkah ini Supaya Keluar dari Jeratan Pinjol

7 Cara Jitu Melunasi Hutang Pinjol agar Tidak Galbay, Ikuti Langkah ini Supaya Keluar dari Jeratan Pinjol

cara melunasi hutang pinjol --foto tribun jakarta

DISWAY JATENG - Pinjaman online atau pinjol yaitu seperti pisau bermata tajam, tergantung pemakainya, bisa berguna dan bisa melukai. Banyak orang bingung cara lunasi hutang pinjol yang telah diambilnya.

Jangankan pinjol ilegal, pinjol legal saja kadang membuat masyarakat ketar-ketir saat berada dalam posisi gagal bayar. Padahal ada cara lunasi hutang pinjol yang jitu.

Berikut Ini Tips dan Cara Melunasi Hutang Pinjol Terbaru :

1. Buat negosiasi dengan pihak pinjol

Jika kalian ditagih dan memang dalam kondisi tidak punya uang, ceritakan kondisinya dan jelaskan bahwa kalian beritikad baik untuk membayar, dan negosiasikan waktu dan jumlah pembayaran.

Pinjol dengan bunga yang mencekik tentu sangat memberatkan kalian. Bicara baik-baik pada DC atau pihak pinjol bahwa kalian hanya akan membayar pokok hutang kalian saja. Dan buat permohonan tertulis, supaya ada rekam jejak bahwa kalian memang beritikad baik untuk membayar hutang.

BACA JUGA:Inilah 10 Solusi Melunasi Hutang Pinjol Secara Cepat dan Efektif, Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

2. Stop gali lubang tutup lubang

Hentikan kebiasaan membayar hutang satu pinjol dari hasil pencairan aplikasi pinjol yang lain. Hal ini hanya akan membuat lubang yang lebih dalam. Jika kalian dalam posisi gagal bayar, tidak ada uang, stop membuka hutang baru.

3. Jujur pada orang-orang terdekat

Kejujuran sangat diperlukan saat kalian terlilit hutang pinjol. Dengan kejujuran kalian akan lebih tenang dengan kemungkinan nanti menghadapi bentuk teror atau ancaman yang dilakukan oleh pihak debt collector pinjol.

Dari jujur terhadap keluarga, diharapkan melepas beban kalian dan siapa tahu ada keluarga yang bersedia membantu. Tetapi ingat jujur disini intinya supaya orang-orang dekat memahami kondisi kalian, bukan berarti kalian memaksa meminjam uang pada mereka.

4. Tahan mental

Pada saat gagal bayar pinjol, kalian kemungkinan akan ditekan oleh pihak debt collector. Melalui SMS, pesan Whatsapp, telepon bahkan visit akan dilakukan oleh pinjol legal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: