Kwarran Bumijawa Kabupaten Tegal Diminta Ciptakan Generasi Muda Berkarakter

Kwarran Bumijawa Kabupaten Tegal Diminta Ciptakan Generasi Muda Berkarakter

MUSRAN - Ketua Kwarcab Tegal Widodo Joko Mulyono membuka Musran Gerakan Pramuka Kwarran Bumijawa.Foto:Yeri Noveli/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Kwartir Ranting (Kwarran) Bumijawa diminta mampu berinovasi untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter.Hal itu disampaikan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Tegal Widodo Joko Mulyono saat menghadiri acara Musyawarah Ranting (Musran) Gerakan Pramuka Kwarran Bumijawa.

Dia menjelaskan, pramuka memiliki peran penting dalam membentuk karakter generasi muda bangsa. Untuk itu, pramuka Kwarran Bumijawa harus terus berinovasi dalam mendidik para peserta didik. Sehingga mereka bisa menjadi generasi muda yang berkarakter unggul.

BACA JUGA:Sempat Mangkrak, Pembangunan Gedung Perpusda Kabupaten Tegal Dilanjutkan

"Pramuka harus menjadi garda terdepan. Pramuka Kwarran Bumijawa harus terus berinovasi," kata Dokter Joko, sapaan akrab mantan Sekda Kabupaten Tegal ini.

Dalam kesempatan itu, Joko juga memberikan strategi agar Kwarran Bumijawa mampu menciptakan generasi muda yang berkarakter. 

Pertama, memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kegiatan kepramukaan. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat website atau media sosial Kwarran Bumijawa. Serta menggunakan aplikasi pembelajaran online untuk membantu peserta didik dalam memahami materi kepramukaan.

BACA JUGA:Gandeng SMP Negeri 5, Dosen Poltek Harber Tegal Berikan Edukasi kepada pada Siswa

Kedua, mengadakan kegiatan kepramukaan yang kreatif dan inovatif. Hal ini bisa dilakukan dengan mengadakan lomba fotografi dan videografi kepramukaan, serta mengadakan kegiatan bakti sosial yang kreatif dan inovatif.

Kemudian yang ketiga, membangun kerjasama dengan berbagai pihak. Yaitu, kerjasama dengan sekolah, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan dan dunia usaha.

"Saya berharap dengan berinovasi dalam mendidik peserta didik, Pramuka Kwarran Bumijawa bisa melahirkan generasi muda yang berkarakter unggul yang siap membangun bangsa dan negara," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: