BPBD Kabupaten Tegal Gembleng Pramuka Penegak Bantara

BPBD Kabupaten Tegal Gembleng Pramuka Penegak Bantara

ANTUSIAS - Pelatihan penanggulangan bencana yang digelar tim SAR BPBD Kabupaten Tegal.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Di tengah pelantikan  Pramuka Penegak Bantara Ambalan Sisingamangaraja-Marta Cristina Tiahahu Gudep 04.1171- 04.172 Pangkalan SMK Bhakti Praja Adiwerna, Kabupaten Tegal. Relawan BPBD membekali mereka dengan latihan  water rescue.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Pihaknya ingin adik-adik peserta dari pramuka  menyamakan persepsi. 

"Sebab, pramuka peduli merupakan potensi sumber daya dalam menghadapi kebencanaan," ujarnya.

BACA JUGA:Disporapar Kabupaten Tegal Kuatkan Tim IT di 3 Obyek Wisata

Menurutnya, dengan dibekalinya  latihan water rescue, adik-adik peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam pertolongan kebencanaan. Untuk itu, dia sangat mengapresiasi  kegiatan tersebut. Karena dapat meningkatkan kemampuan dalam kebencanaan, khususnya water rescue.

Dalam pembekalan tersebut, diberikan materi terkait penanganan dan penanggulangan bencana alam. Pengetahuan tentang kebencanaan dan teknik-teknik menolong korban apabila terjadi bencana. Walaupun masih siswa,  diharapkan sudah mempunyai gambaran memberikan pertolongan pertama untuk menolong minimal teman atau keluarganya. bencana  memang tidak  diharapkan, namun bencana bisa datang kapan saja. 

BACA JUGA:Wajibkan Perpanjang Izin Penggunaan Tempat Pemakaman

"Jika terjadi bencana, minimal kita tidak panik dan dapat melindungi dan menyelamatkan diri sendiri,” tegasnya. 

Pelatihan dan simulasi bencana ini untuk memberikan pemahaman dan kesiapan para siswa ketika terjadi bencana alam. Kegiatan ini setidaknya memberikan siswa pengetahuan tentang manajemen posko utama, posko kesehatan, pertolongan pertama, penyelamatan di gedung bertingkat. Teknik mountaineering, shelter, assesment logistik dan kehumasan. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: