Sempat Mangkrak, Pembangunan Gedung Perpusda Kabupaten Tegal Dilanjutkan

Sempat Mangkrak, Pembangunan Gedung  Perpusda Kabupaten Tegal Dilanjutkan

DIGARAP - Proses pembangunan gedung perpustakaan daerah mulai dikerjakan dengan dukungan dana APBD II.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI  - Sempat mangkrak di 2023 lalu, pembangunan gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Tegal dilanjutkan kembali tahun ini. Penuntasan bangunan gedung tersebut ditopang pos anggaran APBD II tahun 2024 sebesar  Rp938.640.000.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tegal Eko Jati Suntoro menyatakan, untuk bisa  dituntaskan. Bangunan gedung tersebut membutuhkan anggaran sebesar  Rp1, 8 miliar. 

BACA JUGA:2 Partai Pemenang Pemilu Sepakat Bergabung, Kenapa?

"Kami terpaksa merevisi DED menyesuaikan ketersediaan anggaran yang ada. Untuk proses pengadaan penedia barang dan jasa, kami menggunakan e-katalog," ujarnya.

Penggunaan e-katalog ditempuh lantaran bila menggunakan sistem lelang akan terkendala waktu yang lama. Dimungkinkan akan terpilih penyedia jasa yang penawarannya paling rendah sehingga tidak bisa menjamin kualitas bangunannya.  

BACA JUGA:Raih Medali Emas dan Perunggu Tarung Derajat Tingkat Provinsi Jawa Tengah

"Penggunaan e-katalog konstruksi bisa dibilang pertama dilakukan di Kabupaten Tegal.  Kita menggunakan referensi lewat Pemkab Kebumen. Harapan kami hal ini bisa ditiru oleh daerah lain," cetusnya.

Penetapan pemenang dalam proses e-katalog media barang jasa adalah CV Beerkah Jaya Makmur Talang. Penawarannya tidak lebih dari 5 persen dan perjanjian kontrak 4 bulan atau 120 hari kerja. 

BACA JUGA:Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Rumuskan Keberadaan Rest Area Klonengan

Terpisah, Sekretaris  Dinas merangkap PPK Nuzmatun Malinah menyatakan, dengan dukungan anggaran yang ada akan difokuskan  untuk merampungkan viev bagian depan dan lantai 1 serta lantai 2. 

Bagian atap atas lantai tiga tertutup. Untuk penyempurnaan lantai 3 belum bisa terakomodir. Pihaknya beerupaya meengajukan di ubahan APBD II. Penyelesaian bangunan gedung perpustakaan ini dilakukan  karena ditarget Perpusnas. 

“Agar bisa merampungkan bangunan tersebut tahun ini," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: