Cara Meningkatkan Skor Kredit yang Buruk

Cara Meningkatkan Skor Kredit yang Buruk

Pinjaman Ditolak Ini Cara Meningkatkan Skor Kredit yang Buruk-pinterest-

DISWAY JATENG - Pernahkah kamu mengalami penolakan pinjaman karena skor kredit yang buruk? Skor kredit yang buruk memang dapat menghalangi seseorang dalam mengajukan pinjaman. Apakah ada cara untuk mengkatkan skor kredit yang rendah?

Pastinya ada berbagai cara untuk meningkatkan skor kredit seseorang. Skor kredit adalah sistem yang digunakan lembaga pembiayaan untuk menilai kemampuan finansial seseorang saat mengajukan pinjaman. Apakah orang tersebut mampu melunasi pinjamannya atau malah berpotensi untuk gagal bayar.

Semakin tinggi skor kredit kamu, maka kamu dinilai memiliki kemampuan tinggi untuk membayar pinjaman. Sebaliknya semakin kecil skor kredit kamu, maka peluang kamu mendapatkan pinjaman semakin kecil. Oleh karena itu, menjaga dan meningkatkan skor kredit sangat penting.

Agar pinjaman cepat disetujui, kamu harus menjaga dan mempertahankan skor kredit yang bagus. Jika skor kredit sudah buruk, maka meningkatkan skor kredit juga makin sulit. 

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan skor kredit dengan mudah. Sebelum itu, kamu harus mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian skor kredit.

BACA JUGA:Cara Membersihkan Nama di SLIK OJK agar Bebas dari Blacklist

Faktor pertama adalah jumlah utang. Jumlah utang yang dimaksudkan bukan dari nominal dan besaran utang, melainkan dari berapa banyak lembaga yang telah kamu ajukan pinjaman dalam periode tertentu. 

Misalnya jika dalam waktu singkat kamu mengajukan 10 pinjaman, maka skor kredit kamu akan dinilai rendah.

Faktor kedua yakni riwayat utang yang berupa ketepatan waktu pembayaran. Skor kredit bisa buruk jika kamu pernah telat membayar angsuran, akan dinilai juga kapan terakhir kali kamu terlambat membayar cicilan, dan dalam rentang waktu berapa lama kamu telat membayar cicilan.

Faktor ketiga yaitu tentang periode riwayat utang. Semakin lama tenor yang kamu ambil akan semakin tinggi skor kredit kamu.

Faktor keempat mengenai jenis utang atau pinjaman. Semakin beragam jenis pinjaman yang kamu ambil, maka skor kredit akan semakin bagus. Misalnya kamu memiliki beberapa pinjaman berupa KPR, kartu kredit, atau paylater.

Cara Meningkatkan Skor Kredit Agar Pinjaman Disetujui

Sekarang, yuk bahas tentang bagaimana cara meningkatkan skor kredit agar pinjaman cepat disetujui dan tidak ditolak lagi.

BACA JUGA:Cara Membersihkan BI checking atau SLIK OJK Agar Skor Kredit Membaik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: