Begini Cara Mengecek BI Checking Secara Online, Lakukan Sebelum Mengajukan Pinjol

Begini Cara Mengecek BI Checking Secara Online, Lakukan Sebelum Mengajukan Pinjol

Cara mengecek BI checking secara online-iNews.id-

DISWAYJATENG – Mengecek BI checking secara online menjadi hal yang penting dalam keuangan. Hal ini karena dalam proses pengajuan kredit, baik untuk kepemilikan rumah (KPR) maupun kendaraan, lembaga keuangan dan perbankan umumnya menggunakan BI Checking sebagai salah satu kriteria penilaian.

Mengecek BI checking secara online bisa dilakukan secara mandiri. BI Checking merupakan instrumen yang memuat informasi komprehensif mengenai riwayat kredit atau pinjaman seorang debitur. Kualitas catatan pinjaman yang tercermin dalam BI Checking dapat menjadi faktor penentu dalam keputusan pemberian fasilitas kredit.

Sistem Informasi Debitur (SID) yang dikelola oleh Bank Indonesia saat ini menyediakan akses bagi masyarakat untuk mengecek BI checking secara online.

Perlu diketahui bahwa mulai 1 Januari 2028, SID akan bertransformasi menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengecek BI checking secara online tentunya membutuhkan pemahaman yang detail dan teliti. Ini juga penting untuk mengantisipasi pengajuan pinjaman. Sekarang, banyak peyedia pinjaman yang mewajibkan calon nasabahnya tidak memiliki daftar hitam di BI checking.

BACA JUGA:Jangan Berani Lakukan, Risiko Galbay Pinjol Mempengaruhi Pekerjaan Anda

 

Berikut ini adalah tiga metode yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan BI Checking atau SLIK OJK secara mandiri dan daring:

1. Melalui Portal idebku.ojk.go.id

Langkah-langkah pengecekan melalui portal ini meliputi:

  1. Mengakses laman https://idebku.ojk.go.id
  2. Pilih opsi "Pendaftaran"  kemudian lanjutkan ke menu "Cek Ketersediaan Layanan"
  3. Mengisi formulir dengan data yang diminta, termasuk jenis debitur, identitas, kewarganegaraan, dan kode captcha
  4. Melanjutkan proses dengan mengklik tombol "Selanjutnya"
  5. Jika kuota masih tersedia, mengisi "Data Registrasi" secara lengkap
  6. Mengunggah foto kartu identitas sesuai ketentuan yang berlaku
  7. Menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku
  8. Menyelesaikan proses dengan mengklik "Ajukan Permohonan"

BACA JUGA:Begini Tips Melaporkan Modus Penipuan Online Terbaru, Lakukan Agar Uangmu Kembali

2. Melalui Platform IDScore.id

Proses pengecekan melalui platform ini melibatkan langkah-langkah berikut:

  1. Mengakses laman www.idscore.id
  2. Melakukan login dengan kredensial yang dimiliki atau mendaftar jika belum memiliki akun
  3. Memilih opsi "Cek Skor Kredit Anda Sekarang"

3. Melalui Aplikasi Skor Life

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna perlu:

  1. Mengunduh aplikasi Skor Life dari App Store atau Play Store
  2. Membuka aplikasi dan melakukan login
  3. Mengisi data diri yang diperlukan untuk menampilkan skor kredit

Penting untuk dicatat bahwa Bank Indonesia telah memperpanjang insentif uang muka (DP) 0 persen untuk kredit rumah dan kendaraan bermotor hingga tahun 2024. Kebijakan ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan akses masyarakat terhadap kredit pemilikan properti dan kendaraan.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Modus Penipuan Pinjol Gaya Baru, Waspadai Ciri-Cirinya

Pemahaman mengenai BI Checking dan kemampuan untuk mengecek BI checking secara online dan mandiri menjadi semakin penting dalam era digital saat ini.

Dengan memiliki akses terhadap informasi kredit pribadi, masyarakat dapat lebih memahami posisi keuangan mereka dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan profil kredit mereka.

Mengecek BI Checking secara online dan rutin juga dapat membantu individu dalam mendeteksi adanya aktivitas kredit yang mencurigakan atau tidak dikenali, sehingga dapat segera melakukan tindakan pencegahan terhadap potensi penipuan atau penyalahgunaan identitas finansial.

Dalam menggunakan layanan pengecekan BI Checking, masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati dan memastikan bahwa mereka mengakses platform resmi yang diakui oleh otoritas keuangan. Hal ini penting untuk menjaga keamanan data pribadi dan menghindari potensi penyalahgunaan informasi finansial.

Kesimpulannya, kemampuan untuk mengecek BI checking secara online dan dilakukan mandiri merupakan langkah penting dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Dengan pemahaman yang baik tentang kondisi kredit pribadi, individu dapat membuat keputusan keuangan yang lebih informed dan bertanggung jawab, serta meningkatkan peluang mereka dalam memperoleh fasilitas kredit yang dibutuhkan di masa depan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: