Paling Ikonik, Kuliner Khas Cilacap Yang Menggoda Selera, Wajib Dicoba

Paling Ikonik, Kuliner Khas Cilacap Yang Menggoda Selera, Wajib Dicoba

Kuliner khas Cilacap yang menggoda selera-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Cilacap merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang dikenal dengan pilihan wisata alam dan perpaduan budayanya yang tak kalah indah. Bukan cuma itu, wisata kuliner khas Cilacap yang menggoda selera sayang untuk dilewatkan. Makanan khas Cilacap begitu terasa nikmat, apalagi disajikan dengan bumbu khas yang diwariskan secara turun-temurun. 

Jawa Tengah menjadi salah satu pulau yang menjadi destinasi wisata dengan beragam makanan unik. Hal itu karena Jawa Tengah diisi oleh beberapa kota yang menawarkan keindahan alam khususnya kuliner khas Cilacap yang menggoda selera. Terdapat banyak sekali makanan khas Cilacap yang wajib untuk dicoba saat Anda ke sana.

Makanan-makanan ini akan membuat Anda ketagihan. Bagaimana tidak, kuliner khas Cilacap yang menggoa selera hanya ditemukan di sana sehingga cita rasa khasnya tidak akan ditemukan di kota lain. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Cilacap juga memiliki berbagai macam makanan khas yang lezat dan menggugah selera.

Nah, disini kita membahas tentang kuliner khas Cilacap yang menggoda selera, jangan sampai terlewatkan. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Cilacap, Banyak Spot Foto Instagenic-nya!

 

1. Tahu masak

Tahu masak merupakan makanan khas Cilacap yang terbuat dari tahu putih. Tahu digoreng setengah matang, kemudian dipotong-potong. Isian lainnya ditambah potongan ketupat atau lontong, toge, dan kubis.

Makanan tersebut kemudian disiram dengan kuah gula Jawa. Tahu masak makin nikmat dimakan dengan taburan kerupuk soto (atau kerupuk merah), kacang goreng, dan bawang goreng. Tahu masak juga dapat disajikan dengan nasi hangat.

2. Brekecek

Brekecek merupakan makanan khas Cilacap yang terbuat dari kepala ikan jahan. Kata brekecek berasal dari brek dan kecek, brek berarti dijatuhkan atau diletakkan. Sedangkan, kecek berarti dikecek atau dicampur. Kepala ikan jahan dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang gurih dan pedas.

Brekecek Pathak Jahan dimasak dengan rempah-rempah seperti bawang merah,bawang putih, kunyit, cabai merah, jahe, lengkuas, daun salam, gula merah, serai, kemiri, kemangi, dan perasan jeruk nipis. Brekecek biasanya disajikan dengan nasi hangat atau lontong.

3. Gembus

Gembus sebagai makanan khas Cilacap bukan tempe gembus berbahan baku menggunakan ampas tahu. Makanan tradisonal ini terbuat dari singkong yang bentuknya seperti donat. Singkong diparut, kemudian dicampur dengan tepung tapioka dan garam.

Adonan gembus kemudian dibentuk menjadi bulat dan direbus. Gembus memiliki rasa yang gurih dan kenyal. Gempus singkong dapat ditemui di setiap sudut Kota Cilacap. Gembus biasanya dijual setiap sore hingga malam.

BACA JUGA:Mau Liburan ke Cilacap? Kamu Wajib Cek 4 Tempat Keren dan Instagramable Ini!

4. Sate Martawi

Sate Martawi menggunakan potongan daging yang besar-besar. Maka dari itu jumlah tusuk yang dibutuhkan yaitu sebanyak dua tusuk. Daging ayam telah dibumbui sebelum dibakar. Dengan demikian cita rasa dari sate ini akan lebih nikmat dibandingkan jenis sate yang lainnya. Penyajian sate martawi hampir sama dengan sate lainnya. Hal itu karena sate martawi disajikan dengan lontong dan bumbu kacang yang terpisah.

5. Walangan

Walangan merupakan kue tradisional khas Cilacap yang terbuat dari tepung beras. Walangan adalah makanan yang menyerupai bakwan. Perbedaannya terletak pada bahan baku yang digunakan berupa nangka mentah. Adonan walangan kemudian dibentuk menjadi bulat dan digoreng. Walangan memiliki rasa yang manis dan gurih

6. Seafood Pantai Teluk Penyu

Bagi Anda pecinta hidangan laut, Anda dapat mencoba seafood pantai teluk penyu. Inilah saatnya Anda mencicipi aneka hidangan laut seperti kepiting, udang, kerang, lobster, dan seafood lainnya. Seafood ini diracik dan diolah menggunakan bumbu khusus yang akan membuat Anda ketagihan. Salah satu restoran yang menyediakan menu ini adalah rumah makan sari Laut Cilacap. Rumah makan ini terkenal enak di kalangan warga lokal.

7. Nasi Leles

Nasi Leles khas Cilacap biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Kemudian diisi dengan aneka lauk misalnya oseng tempe, serundeng dan soun goreng. Ada pun lauk yang "akrab" dengan nasi lelesa yaitu terus dadar iris, suwir ayam, dan oseng bihun.

Makanan khas cilacap yang bernama Nasi Leles biasanya dijadikan oleh warga lokal sebagai menu sarapan. Hal itu karena nasi leles berukuran kecil layaknya nasi kucing yang ada di Yogyakarta.

BACA JUGA:Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Cilacap dengan Spot Kekinian, Vibesnya Selalu Ramai Pengunjung

8. Karedok

Makanan khas Cilacap ini menyerupai gado-gado. Aneka sayuran dipotong dan ditaburi dengan bumbu kacang yang menggugah selera. Bumbu kacang yang digunakan dalam karodeok akan dimasak secara dadakan. Berbeda dengan gado-gado yang umumnya sudah disediakan bumbu yang sudah massak.

Bumbu yang digunakan untuk saus kacang karedok adalah kacang tanah goreng, bawang putih, kencur, terasi, cabai, garam, dan air secukupnya. Kemudian karedok nikamta disantap dengan menggunakan kerupuk

9. Rempeyek yutuk

Rempeyek yutuk merupakan oleh-oleh khas Cilacap yang terbuat dari hewan laut. Hewan laut tersebut menyerupai kepiting dan udang. Rasanya cukup gurih dan renyah serta cocok diolah menjadi rempeyek. Anda dapat menemukan rempeyek ini di sepanjang pesisir pantai di Cilacap. Namun, Anda juga dapat membelinya di Toko Valery – salah satu pusat oleh-oleh di Cilacap.

Itulah ulasan Kuliner khas cilacap yang menggoda selera, Jika Anda berkunjung ke Cilacap jangan lupa untuk mencicipi beragam kuliner yang tentu membuat ketagihan para konsumenya. Semoga bermafaat.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: