Jangan Salah Isi, Kenali 7 Penyebab Pengajuan Pinjol yang Kerap Ditolak

Jangan Salah Isi, Kenali 7 Penyebab Pengajuan Pinjol yang Kerap Ditolak

Penyebab pengajuan pinjol ditolak-Finansialku-

DISWAYJATENG – Penyebab pengajuan pinjol ditolak sangatlah beragam. Era sekarang ini, memperoleh pinjaman online atau pinjol menjadi solusi cepat bagi banyak orang yang membutuhkan dana segera, baik untuk keperluan darurat maupun modal usaha.

Penyebab pengajuan pinjol ditolak kian hari kian merebah ke banyak hal. Hal ini disebabkan karena banyaknya penyedia layanan pinjol. Dibandingkan pinjaman konvensional, proses pengajuan pinjol memang lebih praktis dan cepat.

Penyebab pengajuan pinjol ditolak bisa dianalisa dari berbagai sisi. Yang paling fenomenal dan menjadi suatu yang krusial adalah terkait dengan BI checking. Tak sedikit penyedia pinjol yang menggunakan BI checking dalam system pengajuannya.

BACA JUGA: 5 Pinjaman Online Tenor Panjang! Belum Lagi Limit Tinggi Diberikan!

Penyebab pengajuan pinjol ditolak yang lainnya adalah skor kredit buruk atau kualitas kredit buru. Ini biasanya disebabkan karena gagal bayar atau telat bayar saat mengambil kredit sebelumnya. Selain itu, ada beberapa penyebab lain mengapa pinjol ditolak.

Penyebab pengajuan pinjol kerap ditolak

1. Riwayat Kredit Buruk

Penyebab pengajuan pinjol ditolak yang paling krusial adalah memiliki riwayat kredit buruk. Riwayat kredit atau pinjaman yang buruk di masa lalu. Semua data riwayat pinjaman dan kredit masyarakat tercatat di Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Persyaratan Tidak Jelas

Kedua, berkas persyaratan yang tidak lengkap atau tidak jelas. Meskipun persyaratan pengajuan pinjol terkesan sederhana, kelengkapan dan kejelasan data yang diminta sangatlah penting. Penyedia pinjol membutuhkan informasi rinci calon peminjam sebagai upaya pengelolaan risiko.

BACA JUGA: 6 Pinjaman Online 20 Juta Terbaru 2024, Wajib Digunakan Ketika Butuh Pinjaman!

Ini menjadi salah satu penyebab pengajuan pinjol ditolak yang mungkin belum banyak orang tahu.

3. Pengajuan melebihi batas limit

Ketiga, jumlah pinjaman yang diajukan melebihi limit yang ditentukan penyedia pinjol. Berbeda dengan pinjaman bank atau lembaga keuangan lainnya, pinjaman online melalui pinjol umumnya memberlakukan limit yang lebih rendah.

Ini bisa menjadi penyebab pengajuan pinjol ditolak karna calon nasabah tidak memperhitungkan limit.

4. Pendapatan yang Kurang Mendukung

Keempat, pekerjaan atau pendapatan calon peminjam yang tidak stabil. Stabilitas pekerjaan dan pendapatan menjadi tolok ukur bagi penyedia pinjol dalam menilai kemampuan calon peminjam untuk membayar pinjaman tepat waktu dan tanpa masalah di kemudian hari.

BACA JUGA: 6 Pinjaman Online Bunga Rendah, Wajib Gunakan Agar Untung

Jika calon peminjam sering berganti pekerjaan dalam waktu kurang dari satu tahun, atau memiliki pendapatan yang fluktuatif, pengajuannya berpotensi ditolak.

5. Identitas Rekening yang Berbeda

Nama pemilik rekening yang tercantum berbeda dengan nama calon peminjam. Hal ini dianggap berisiko bagi penyedia pinjol karena kerap terjadi kasus penipuan dengan pemalsuan data.

Untuk menghindari penolakan, calon peminjam harus mencantumkan data diri sesuai dengan identitas yang sebenarnya. Pastikan nomor dan pemilik rekening memiliki identitas yang sama.

6. Domisili di Luar Layanan Pinjol

Beberapa penyedia pinjol hanya beroperasi di wilayah tertentu saja. Jika domisili calon peminjam berada di luar area layanan tersebut, pengajuannya bisa ditolak.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Lepas dari Jeratan Pinjaman Online? Lakukan 5 Hal Penting Ini

Untuk mengantisipasi hal ini, calon peminjam perlu memeriksa informasi terkait jangkauan wilayah akses penyedia pinjol yang akan digunakan.

7. Nomor Tidak Dapat Dihubungi

Terakhir, nomor telepon yang dicantumkan tidak dapat dihubungi. Penyedia pinjol biasanya akan melakukan verifikasi data calon peminjam melalui panggilan telepon. Kendala demikian bisa menjadi penyebab pengajuan pinjol ditolak.

Dengan memahami faktor-faktor penyebab pengajuan pinjol ditolak tersebut, calon peminjam dapat lebih mempersiapkan diri dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Hal ini akan meningkatkan peluang pengajuan pinjol mereka untuk disetujui oleh penyedia layanan pinjaman online.

BACA JUGA: 2 Pinjaman Online Tenor Terpanjang! Wajib Digunakan Agar Tidak Masuk SLIK OJK!

Nah, itulah ulasan mengenai penyebab pengajuan pinjol ditolak yang bisa dianalisa sebelum mengajukan pinjaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: