6 Tips Jitu agar Kontak Tidak Disadap Pinjol Ilegal

6 Tips Jitu agar Kontak Tidak Disadap Pinjol Ilegal

tips agar kontak tidak disadap pinjol ilegal --foto investbro

Ketika kalian menginstall aplikasi pinjol, hindari mengklik tombol “permission” yang artinya memberikan izin akses untuk masuk ke handphone kalian. Kemudian kalian bisa langsung lanjut ke step berikutnya.

Data yang bisa di akses oleh pihak pinjol ketika kita memberikan izin akses, antara lain data kontak, email, bahkan lokasi. Pastikan kalian tidak memberikan izin akses data ke handphone kalian. 

Jika terlanjur memberikan izin akses, maka kalian bisa mengatur ulang perizinan di handphone. Kalian bisa membuka setting pada handphone, kemudian pilih aplikasi pinjol yang sudah terinstall. Pada opsi perizinan terdapat beberapa daftar seperti kamera, kontak, dan lokasi kemudian menonaktifkan perizinan tersebut.

4. Pastikan Eksistensi Fintech Tersebut

Kalian harus teliti dalam memilih fintech pinjol. Kalian bisa memperbanyak membaca review atau ulasan dari nasabah lain. Selain itu, kalian bisa menambah informasi melalui situs resmi fintech pinjaman online, biasanya mereka menjelaskan secara detail baik visi, misi, pengelolaan dan kondisi keuangan.

5. Download Aplikasi Pinjol Dari Tempat Resmi

Tips agar kontak tidak disadap pinjol ilegal berikutnya yaitu unduh aplikasi pinjol dari sumber resmi. Hindari menginstall aplikasi pinjol dari sumber tidak terpercaya.

Sebaiknya kalian mendownload aplikasi pinjol dari Play Store atau App Store yang pasti terjaga keamanannya. Kalian tentu harus cermat dalam memilih pinjaman online.

BACA JUGA:Cara Efektif Hapus Data Kontak saat Sudah Bayar Pinjaman, Terapkan 7 Langkah Penting Ini

6. Ganti Kartu SIM

Jika handphone kalian memiliki fasilitasi dual SIM, maka kalian bisa mengganti nomor lama ke nomor baru media chatting misalnya WhatsApp. Sebab pinjol akan selalu mengawasi apakah nomor handphone yang terdaftar masih aktif atau tidak.

Selain itu yang perlu kalian perhatikan, jangan menggunakan KTP untuk registrasi ke nomor yang baru. Untuk menghindari kecurigaan pinjol jika kalian memiliki 2 kartu SIM. Pinjol bisa mengetahui dari kartu KTP yang terdaftar dalam kartu SIM.

Itulah beberapa informasi seputar tips agar kontak tidak disadap pinjol ilegal yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: