Menjelang Idhul Adha, Tips Memilih Hewan Kurban Sesuai Dengan Syariat Islam

Menjelang Idhul Adha, Tips Memilih Hewan Kurban Sesuai Dengan Syariat Islam

Menjelang Idhul Adha, tips memilih hewan kurban sesuai dengan Syariat Islam-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Umat Islam di seluruh dunia, sebentar lagi akan menyambut salah satu hari besar, yakni Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari Minggu, 17 Juni 2024 mendatang. Menjelang Idhul Adha, tips memilih hewan kurban sesuai dengan Syariat Islam perlu anda ketahuin, yang tentunya menjadi momentum untuk bersedekah dengan cara berkurban.

Nah bagi para umat muslim yang berencana akan berkurban, tak ada salahnya tahu tips memilih hewan kurban sesuai dengan Syariat Islam. Hal ini dimaksudkan agar hewan yang hendak kita kurbankan sehat dan sesuai dengan syariat yang telah ditetapkan.

Tips memilih hewan kurban sesuai dengan Syariat Islam haruslah halal secara Islam dan sehat. Namun dengan banyaknya penjual hewan kurban yang ada, tentu membuat anda sebagai bingung memilih hewan kurban yang sesuai dengan ketentuan.

Tips memilih hewan kurban sesuai dengan Syariat Islam merupakan langkah penting dalam memastikan ibadah kurban diterima Allah SWT. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Waspada! Jelang Idul Adha, Marak Pencurian Hewan Kurban

 

1. Pastikan Hewan Ternak

Umat Islam diperintahkan untuk mengkurbankan hewan ternak. Hewan ternak yang diperbolehkan domba, kambing, unta, sapi, kerbau. Tentunya semua hewan ini sudah memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang sehat dan layak untuk dikurbankan.

2. Konsultasikan dengan Dokter Hewan

Jika Anda ragu dalam memilih hewan kurban, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter hewan. Dokter hewan dapat membantu Anda memilih hewan yang sehat dan sesuai dengan syariat Islam. Jadi Anda tidak ragu untuk memilih hewan yang dikurbankan.

BACA JUGA:10 Ide Masakan Idul Adha Ala Restoran Mewah dengan Olahan Daging Kambing, Dijamin Lezat!

3. Umur Hewan Kurban

Tips memilih hewan kurban sesuai dengan Syariat Islam selanjutnya adalah mengetahui umur hewan kurban. Umur hewan yang dikurbankan sangat penting karena hewan kurban memiliki umur yang disyaratkan berbeda-beda. Jika Anda ingin berkurban kambing atau domba, umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban adalah yang minimal berumur 1 tahun.

Kemudian, jika Anda ingin berkurban sapi atau kerbau, maka umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun. Cara mudah untuk mengetahui usia hewan kurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: