Tak Perlu Panik, Ini 8 Tips Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat Agar Bebas dari Penagihan Kasar

Tak Perlu Panik, Ini 8 Tips Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat Agar Bebas dari Penagihan Kasar

cara melunasi utang pinjol dengan cepat --foto idx channel

Tentunya, kalian tidak dapat melunasi utang pinjaman online tanpa memiliki anggaran. Silahkan untuk menyiapkan uang khusus untuk melunasinya. Misalnya, mengurangi dana untuk belanja, hiburan dan lain sebagainya.

4. Jangan Utang untuk Bayar Pinjaman Online

Hentikan kebiasaan mengambil pinjaman baru untuk membayar pinjaman online yang lama. Hal ini hanya akan memperburuk masalah dan membuat kalian terperangkap dalam siklus utang yang tidak sehat.

BACA JUGA:Cara Melunasi Utang yang Menumpuk di Pinjol dengan 5 Strategi Keuangan Paling Efektif Agar Cepat lunas

5. Minta Bantuan Keluarga

Jika sudah mentok, maka jangan malu untuk meminta bantuan kepada keluarga. Bicaralah dengan jujur mengenai situasi sulit yang sedang kalian alami terkait utang-utang pinjaman online.

6. Pola Hidup Hemat

Tips melunasi utang pinjol dengan cepat berikutnya yaitu seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalian memerlukan uang khusus untuk melunasi utang-utang di pinjaman online.

Dengan demikian, kalian perlu menerapkan pola hidup hemat seperti membawa bekal ke kantor, mengurangi ngopi dan makan di luar dan sejenisnya.

BACA JUGA:5 Penyedia Pinjaman Syariah untuk Melunasi Utang Riba, Berikut Tipsnya yang Harus Diperhatikan

7. Buatlah Daftar Utang

Selain itu, kalian juga bisa mencoba untuk membuat daftar utang-utang kalian di pinjaman online. Pastikan kalian menuliskannya secara rinci supaya tidak perlu bingung lagi memilih mana yang ingin kalian lunasi terlebih dahulu.

8. Cari Sumber Tambahan Pendapatan

Apabila kalian sudah terlanjur memiliki banyak utang pinjaman online, segera cari sumber tambahan pendapatan untuk membantu melunasinya. Kalian bisa mencoba pekerjaan sampingan atau menawarkan jasa keterampilan yang kalian miliki.

Kesimpulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: