Dijamin Ampuh, Inilah 6 Cara Cerdas Melunasi Utang Pinjol dengan Tepat Waktu Terbaru 2024

Dijamin Ampuh, Inilah 6 Cara Cerdas Melunasi Utang Pinjol dengan Tepat Waktu Terbaru 2024

cara melunasi utang pinjol dengan tepat waktu--foto detikfinance

DISWAY JATENG - Di era digital, banyak dari kita pernah mengalami situasi mendesak di mana pinjaman online atau disebut juga dengan pinjol menjadi solusi cepat. Namun, kalian perlu mengetahui cara melunasi utang pinjol  dengan tepat waktu.

Namun terkadang setelah mendapatkan pinjaman yang kita butuhkan, datang masalah baru di mana kita harus segera melunasi utang pinjol dengan tepat waktu dan segera agar tidak diteror secara terus menerus melalui telepon.

Untuk mengatasi tantangan ini, penting untuk mencari solusi cerdas ketika menghadapi masalah utang pinjol, yaitu segera cari cara melunasi utang pinjol dengan tepat waktu. 

Berikut ini terdapat beberapa langkah cerdas yang bisa kita ambil untuk mengatur ulang keuangan dengan mengetahui cara melunasi utang pinjol dengan tepat waktu tanpa terjebak dalam siklus utang yang berkepanjangan.

BACA JUGA:Terjerat Pinjol? Inilah 12 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk Terbaru 2024

1. Mulai dari utang yang paling kecil

Strategi yang banyak dikenal sebagai debt snowball ini dinilai sebagai salah satu cara melunasi utang pinjol dengan tepat waktu. Dalam strategi debt snowball, kalian perlu melakukan pembayaran dari utang yang paling sedikit terlebih dahulu.

Seiring berjalannya waktu, barulah kalian bisa membayar utang dengan nominal yang lebih tinggi. Itulah mengapa cara ini disebut sebagai debt snowball karena besaran utang yang harus dibayar seperti bola salju yang semakin lama semakin besar.

Kelebihan dari strategi ini adalah dapat meningkatkan motivasi, karena kalian bisa melihat progres pelunasan utang lebih cepat.

2. Cicil lebih dari minimum pembayaran

Cara yang satu ini bisa bekerja dengan efektif. Misalnya, kalian punya utang Rp100.000 yang semula ingin dicicil selama 5 bulan. Artinya, kalian harus membayar Rp20.000 tiap bulannya.

Namun, jika melebihkannya menjadi Rp40.000 setiap bulan, utangmu akan terbayar lunas dalam kurun waktu kurang dari 4 bulan.

BACA JUGA:DC Lapangan Pinjol Dilarang Menagih Utang ke Kontak Darurat, Begini Aturan Penagihan Terbaru dari OJK

3. Lakukan konsolidasi utang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: