8 Cara Menjaga Processor HP Untuk Kondisi yang Optimal

8 Cara Menjaga Processor HP Untuk Kondisi yang Optimal

menjaga Processor HP untuk kondisi yang optimal-Tangkapan laayar Diswayjateng.id-

3. Hapus aplikasi yang tidak dipakai

Untuk menjaga kinerja processor HP, Sahabat bisa mulai dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak dipakai. Sebab walaupun tidak digunakan, aplikasi ini akan memenuhi storage dan memengaruhi RAM ponsel.

Sehingga demi processor HP yang tetap prima, Sahabat bisa mulai uninstall aplikasi yang tidak dipakai. Atau untuk aplikasi sistem yang tidak bisa dihapus, Sahabat bisa mematikan aplikasinya sehingga tidak memakan memori ponsel.

4. Restart ponsel berkala

Me-restart ponsel secara berkala diyakini bisa meningkatkan performa ponsel. Karena saat di-restart, sistem akan menghapus segala sampah yang ada di storage dan RAM. 

5. Menggunakan aplikasi versi "Lite"

Beberapa aplikasi terutama media sosial yang akan memakan storage dan memengaruhi kerja processor HP, biasanya menyediakan aplikasi versi lite. Dengan aplikasi versi ini, kinerja HP dalam mengoperasikannya akan lebih ringan.

BACA JUGA:7 Tips Aman Menggunakan Pinjol yang Jarang Diketahui

6. Memperbarui sistem operasi secara berkala

Memastikan ponsel android Sahabat selalu dalam sistem operasi terbaru adalah hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi processor ponsel. 

Selain memperbaiki kinerja, pembaruan atau update untuk sistem operasi ini juga menyediakan fitur baru.

7. Mematikan animasi

Beberapa ponsel android memiliki fitur animasi dalam tampilan mereka. Nah, saat fitur ini dimatikan hal ini bisa meningkatkan performa ponsel Anda. 

8. Membersihkan cache

Setiap aplikasi menyimpan data cached dari penggunaannya. Seiring berjalannya waktu data cached ini kemudian menumpuk dan memakan banyak memori sehingga memperlambat kinerja ponsel. Pastikan Anda secara rutin menghapus cache aplikasi sehingga processor HP tidak terganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: