7 Makanan Tradisional Jawa Tengah yang Unik dan Terkenal, Dikenal Kelezatan dan Kekhasannya

7 Makanan Tradisional Jawa Tengah yang Unik dan Terkenal, Dikenal Kelezatan dan Kekhasannya

Makanan tradisional Jawa Tengaj yang Unik--

BACA JUGA: Bernostalgia dengan 4 Permainan Tradisional Unik di Jawa Tengah yang Hampir Punah

5. Serabi Kalibeluk

Serabi Kalibeluk berbeda dengan serabi pada umumnya. Ukuran pada serabi ini lebih besar dibanding serabi biasa, yakni bisa sampai 10 cm.

Selain itu, tekstur dari Serabi Kalibeluk agak berongga. Anda bisa memilih serabi dengan rasa manis gulai merah atau rasa gurih dari santan. 

6. Nasi Liwet

Makanan khas dari Jawa Tengah yang sudah menjadi tradisi turun-temurun, yakni Nasi Liwet. Nasi Liwet hampir sama seperti nasi uduk, yang menjadi pembeda yaitu menggunakan nasi dengan cita rasa tambahan bumbu dan rempah-rempah.

Umumnya nasi liwet disajikan dengan tempe goreng, ayam goreng, tahu goreng, dan sayuran. Dengan menu sebesar ini, cocok rasanya jika menjadikan nasi liwet sebagai makanan sarapan.

BACA JUGA: 5 Tradisi Unik di Jawa Tengah yang Masih ada Sampai Hingga Saat ini

7. Roti Ganjel Ren

Makanan tradisional di Jawa Tengah dari Roti Ganjel Ren wajib dicoba jika Anda sedang berjalan-jalan di wilayah Jawa Tengah. Roti ini memiliki bentuk dengan ukuran yang besar dan bisa ditambahi dengan biji wijen di atasnya.

Informasi menarik dari Roti Ganjel Ren, yakni roti ini mengambil inspirasi dari Ontbijtkoek, roti khas Belanda. Karena Ontbijtkoek menggunakan bahan baku yang mahal, akhirnya masyarakat kala itu memodifikasi resepnya dengan bahan-bahan yang mudah di dapat, seperti ketela.

Demikian informasi tentang makanan tradisional Jawa Tengah yang unik dan masih ada hingga saat ini. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: