4 Fakta Unik Semarang, Ikon Ibu kota Jawa Tengah Yang Punya Banyak Julukan

4 Fakta Unik Semarang, Ikon Ibu kota Jawa Tengah Yang Punya Banyak Julukan

g 4 fakta unik Semarang, icon ibu kota Jawa Tengah yang punya banyak julukan-Tangkapan layar Akurat Jateng-

3. Jadi Kota Pelabuhan

Pelabuhan Tanjung Emas. Ternyata, aktivitas pelabuhan di Semarang nggak cuma terjadi pada masa Pemerintah Hindia Belanda, Jauh sebelum itu, tepatnya pada masa pra-kolonialisme, Semarang jadi salah satu pusat perdagangan karena lokasinya yang strategis dan berada di wilayah pesisir.

Itulah sebabnya Semarang dijuluki sebagai Kota Pelabuhan karena punya aktivitas perdagangan di pelabuhan yang cukup aktif. Saat ini, Pelabuhan Tanjung Emas jadi pelabuhan utama di Semarang.

 

4.Tonggak Pertama Kereta Api Indonesia

Stasiun Semarang Tawang. Kalau kamu railfans alias pecinta kereta api, lo pasti tau kalau Semarang punya peran penting dalam sejarah kereta api Indonesia sebagai salah satu fakta unik Semarang.

Sejak masa Hindia Belanda, Semarang jadi tonggak pertama pembangunan kereta api dengan pembangunan jalan kereta api yang dimulai dari Desa Kemijen menuju Desa Tanggung sepanjang 26 km.

Pencangkulan pertama dilakukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. LAJ Baron Sloet van den Beele, pada 17 Juni 1864. Jalur kereta api tersebut mulai dioperasikan untuk umum pada 10 Agustus 1867.

Setelah itu, pembangunan rel dilanjutkan untuk menghubungkan Semarang dan Surakarta sejauh 110 km pada 10 Februari 1870.

BACA JUGA:Akreditasi, Diploma III Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Targetkan Unggul

 

Demikian ulasan tentang 4 fakta unik Semarang, icon ibu kota Jawa Tengah yang punya banyak julukan. Semoga bermanfaat.(*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: