4 Fakta Unik Semarang, Ikon Ibu kota Jawa Tengah Yang Punya Banyak Julukan

4 Fakta Unik Semarang, Ikon Ibu kota Jawa Tengah Yang Punya Banyak Julukan

g 4 fakta unik Semarang, icon ibu kota Jawa Tengah yang punya banyak julukan-Tangkapan layar Akurat Jateng-

DISWAY JATENG - Semarang sebagai Ibu kota Jawa Tengah sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Pulau Jawa. Selain itu, fakta unik Semarang menjadi kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

Pada zaman penjajahan, Semarang menjadi daya tarik tersendiri. Kota seluas 373,70 km persegi ini pernah jadi salah satu dari tiga pusat pelabuhan penting bagi Pemerintah Hindia Belanda. Berikut fakta unik Semarang yang wajib kamu ketahui.

Dalam artikel ini akan kami telusuri tentang fakta unik Semarang, icon Ibu kota jawa Tengah yang punya banyak julukan Apa aja itu? Simak selengkapnya dan baca sampai slesai ya!

Berikut ini Fakta unik Semarang yag menjadi ikon Jawa Tengah. Simak sampai selesai ya.

BACA JUGA:BLA Semarang dan UIN Malang Gelar Diseminasi Mitigasi Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi

 

 

1. Punya Banyak Julukan

Semarang masih punya banyak julukan lain, Salah satunya Venetie van Java. Julukan ini diberikan oleh Belanda karena Semarang punya aliran sungai di tengah kota mirip kota Venesia, Italia.

Selain itu, Semarang juga dijuluki sebagai Kota Lumpia. Soalnya, lumpia jadi makanan khas Semarang yang jadi bukti akulturasi dua budaya, yaitu Jawa dan Tiongkok.

Bukan hanya itu, masih banyak julukan lain yang disematkan pada Semarang. Ada julukan Kota Atlas yang merupakan singkatan dari Aman, Tertib, Lancar, Asri, dan Sehat yang jadi slogan pemeliharaan keindahna kota. Ada juga julukan The Port of Java atau Pelabuhannya Jawa dan Semarang Pesona Asia, sebagai salah satu fakta unik Semarang.

2. Punya Kota Tua

Nggak cuma Jakarta aja, Semarang juga punya kawasan Kota Tua. Kawasan wisata ini kerap dijuluki sebagai Little Netherland karena dulu pernah jadi pusat perdagangan dan perekonomian Pemerintah Hindia Belanda di Semarang.

Ada banyak bangunan tua yang masih kokoh dan sering jadi tujuan wisata, seperti Lawang Sewu, Gedung Balai Kota Semarang, dan Gereja Blenduk. Kota Tua Semarang juga jadi titik nol dan pusat kuliner legendaris.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan Legitnya Es Krim di Semarang, Ini Dia 7 Rekomendasi Tokonya!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: