5 Tradisi Unik di Jawa Tengah yang Masih ada Hingga Saat ini

5 Tradisi Unik di Jawa Tengah yang Masih ada Hingga Saat ini

Tradisi unik di Jawa Tengah yang masih ada hingga saat ini--

DISWAY JATENG - Di Indonesia memiliki berbagai macam budaya dan tradisi yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Tradisi unik di Jawa Tengah punya berbagai kebudayaan yang masih dilestarikan sampai saat ini.

Tradisi unik di Jawa Tengah merupakan sebuah kebudayaan yang diturunkan dari generasi ke generasi. Kebudayaan tersebut memiliki berbagai macam, seperti kebiasaan, berkaitan dengan adat, dan tradisi yang berkaitan dengan agama.

Berbagai macam tradisi unik di Jawa Tengah terus dilakukan dan dilestarikan meskipun zaman sekarang sudah berada di era modern. Bagi Anda yang belum tahu apa saja tradisi unik di Jateng, maka simak artikel ini sampai tuntas barangkali tradisi tersebut ada di kotamu.

Berikut penjelasan mengenai berbagai macam tradisi unik Jawa Tengah yang masih lestari hingga kini. Mengutip dari akun TikTok Danang Nugraha, berikut diantaranya.

BACA JUGA:5 Nama Desa Unik dan Lucu di Jawa Tengah, Nomor 2 Bikin Malu Ngucapinnya!

Tradisi Unik di Provinsi Jateng yang Masih Dilestarikan Hingga Saat ini

1. Upacara Ruwatan

Tradisi upacara di Jawa Tengah yang pertama, yakni Upacara Ruwatan. Tradisi ini merupakan sebuah ritual yang masih dilakukan hingga saat ini dari suku Jawa atau Bali.

Makna dari tradisi upacara ruwatan merupakan upacara yang dilakukan untuk membesarkan maupun melepaskan seseorang dari hukuman atau kutukan kepada sang kuasa. Hal ini bertujuan supaya tidak menimbulkan marabahaya bagi seseorang.

Karena itu, upacara ini disimbolkan untuk melindungi diri dari segala macam bahaya di sekitar. Sampai artikel ini ditulis tradisi tersebut masih dilestarikan dan dipercayai oleh masyarakat Jawa dan Bali.

2. Tingkeban

Tradisi Tingkeban merupakan upacara yang memperingati tujuh bulanan bayi yang ada dikandungan. Makna dari tradisi satu ini yaitu untuk mendoakan ibu hamil dan janin, tujuannya supaya selamat sampai hari kelahiran jabang bayi.

BACA JUGA:Denger Namanya Aja Langsung Ketawa, Inilah 6 Nama Desa Unik Di Indonesia Nomor 3 Bikin Ngeri

Upacara ini seringkali dilakukan oleh suku Jawa supaya bayi yang ada dikandungan selamat dan diberikan kesehatan. Meski saat ini sudah di era modern, namun masyarakat suku Jawa masih mempercayai upacara tingkeban harus dilakukan agar ibu dan bayi terhindar dari segala macam bahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: