Destinasi Wisata Alam Unik di Jawa Tengah, Healing Bareng Keluarga Jadi Lebih Sempurna

Destinasi Wisata Alam Unik di Jawa Tengah, Healing Bareng Keluarga Jadi Lebih Sempurna

Liburan Telah Tiba! Inilah Destinasi Wisata Alam Unik Di Jawa Tengah Menawarkan Keindahan Panorama-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keragaman pesona destinasi wisata alam yang menakjubkan. Destinasi wisata alam unik di Jawa Tengah tidak hanya menawarkan keunikan budayanya tetapi menyuguhkan keindahan alam yang sangat indah.

Provinsi Jawa Tengah menjadi sasaran destinasi wisata karena ada banyak tempat wisata yang lagi viral di Jawa Tengah yang ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Dengan berbagai destinasi wisata alam unik mulai dari pantai sampai pegunungan.

Karena destinasi wisata alam unik di Jawa Tengah memiliki berbagai kekayaan alam yang bisa untuk menenangkan pikiran dan menikmati keindahanya. Destinasi wisata alam ini sangat cocok untuk berlibur bersama teman, pasangan, atau keluarga.

BACA JUGA: 7 Tempat Wisata di Purwakarta yang Keren untuk Liburan

Nah, disini kita akan membahas destinasi wisata alam unik di Jawa Tengah yang menawarkan keindahan panorama. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

7 daftar destinasi wisata alam unik di Jawa Tengah

1. Pantai Menganti Kebumen

Rekomendasi pertama, Di Desa Karangduwur, Kebumen, kamu bisa menemukan sebuah pantai eksotis bernama Pantai Menganti. Lokasinya memang cukup sulit dijangkau karena akses yang belum terlalu memadai.

Namun, perjalanan kamu dijamin akan terbayar saat sampai di lokasi pantai. Air lautnya jernih dengan gradasi warna biru dan hijau. Hamparan pasir putih menjadi daya tarik tersendiri.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Unik dan Menarik, Cocok Untuk Moment Liburan Kamu

Di sini, pengunjung juga diperbolehkan untuk bermain air maupun berenang karena kondisi ombak yang cukup tenang. Harga tiket masuk Pantai Menganti mulai dari Rp20.000 dan untuk jam operasional 24 jam ya jadi kamu bisa kapan saja untuk berkunjung ke Pantai Menganti ini.

2. Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Secara administratif, Dataran Tinggi Dieng masuk ke wilayah Kabupaten Wonosobo. Di sini, kamu akan menemukan banyak daya tarik alam yang akan membuat siapa pun takjub. Ada pula Kawah Sikidang dengan aktivitas vulkanik yang masih aktif.

Kontur kawahnya cukup datar, sehingga kamu bisa melihat gumpalan asap kawah yang mengandung belerang. Harga tiket masuk Kawah Sikidang hanya Rp10.000 per orang. Untuk jam masuknya, dari pukul 07.00-16.00 WIB.

BACA JUGA: Wisata Alam di Jawa Tengah yang Cocok untuk Self-Healing

3. Taman Nasional Karimunjawa Jepara

Berangkat ke daerah Jepara, di sini terdapat salah satu wisata alam yang cukup populer, yakni Taman Nasional Karimunjawa. Taman Nasional Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan yang berjumlah 22 pulau di Laut Jawa.

Destinasi ini menyimpan banyak terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, dan hampir 400 spesies fauna laut. Di sini juga terdapat beberapa fauna langka, diantaranya elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Liburan ke Jawa Tengah rasanya kurang lengkap jika belum datang ke Karimunjawa. Kawasan yang dijuluki sebagai The Paradise of Java ini menyimpan panorama laut yang luar biasa. 

Jam operasional objek wisata ini adalah 24 jam non stop. Sedangkan harga tiket masuk kawasan adalah Rp. 5000 weekday dan Rp. 7.500 weekend.

BACA JUGA: Dinas Porapar Kabupaten Tegal Dukung Pengembangan Paket Wisata Dukuh Cipero

4. Gunung Merbabu, Boyolali

Memiliki medan yang tidak terlalu sulit, Gunung Merbabu menjadi salah satu destinasi favorit para pendaki, bahkan untuk pemula. Puncak tertingginya berada di ketinggian 3.142 mdpl, yakni Puncak Kenteng Songo.

Pemandangan alam di sini tentu tidak perlu diragukan lagi karena kamu bisa sekaligus melihat dua Gunung Kembar Sindoro dan Sumbing. Tiket masuk Gunung Merbabu Rp 10.000 per orang dan jam operasionalnya pukul 06.00 - 23.00 WIB.

5. Rawa Pening, Semarang

Dulunya, Rawa Pening adalah sebuah danau air dalam, tetapi mengalami pendangkalan akibat menjadi hulu dari Sungai Tuntang. Meski begitu, Rawa Pening tetap memiliki daya tarik tersendiri.

BACA JUGA: Wisata Alam di Bali: Rencanakan Wisata Bersama Keluarga dengan 7 Tempat Wisata Alam di Pulau Dewata

Salah satunya adalah pemandangan alam yang menarik karena dikelilingi oleh tiga gunung sekaligus, yaitu Ungaran, Telomoyo, dan Merbabu. Danaunya sendiri banyak ditumbuhi tanaman eceng gondok.

Jika tertarik mengunjungi Rawa Pening, jangan lupa siapkan uang sekitar Rp7.500 sebagai tiket masuk. Setiap harinya, danau yang berbatasan dengan empat kecamatan di Semarang ini buka pukul 08:30–21:00.

6. Lembah Sindoro Posong, Temanggung

Di Posong, Temanggung, terdapat sebuah wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Lembah Sindoro Posong. Lokasinya berdekatan dengan dua gunung kembar Sindoro dan Sumbing.

BACA JUGA: Tak Hanya Nusa Penida, Berikut 4 Destinasi Wisata Alam Terbaik di Selat Bali yang Jarang Terekspos

Jadi, di Lembah Sindoro Posong ini kamu bisa menikmati panorama indah pegunungan dan udara sejuk sembari duduk di gubuk yang tersedia. Setiap harinya, Lembah Sindoro Posong buka pukul 04:00–17:00.

Dengan begitu, kamu bisa menikmati pemandangan sunrise di sini. Sebaiknya datanglah menggunakan motor karena akses jalan menuju Lembah Sindoro Posong masih cenderung sempit. Jangan lupa juga siapkan uang sekitar Rp4.000 per orang untuk membayar tiket masuk.

7. Telaga Sunyi, Purwokerto

Terakhir, Wisata alam Jawa Tengah satu ini cocok bagi kamu yang kurang suka dengan keramaian. Sesuai namanya, Telaga Sunyi adalah sebuah mata air alami yang lokasinya cukup terpencil sehingga suasananya pun cenderung sunyi.

BACA JUGA: Pesona Keindahan Telaga Sindang Kemadu, Wisata Alam Surga Tersembunyi di Bumijawa Tegal

Kedalamannya kurang lebih 3 meter saat musim kemarau dan bisa mencapai 5 meter saat musim hujan. Demi menjaga kelestarian mata air, kamu dilarang berenang atau mandi di Telaga Sunyi. Biasanya, pengunjung akan menikmati pemandangan alam dengan duduk di sekitar telaga.

Udara yang sejuk akan membuat kamu merasa lebih rileks dan fresh. Harga tiket masuk ke Telaga Sunyi cukup murah, yakni Rp 15.000 per orang dan jam operasionalnya pukul 07.00-17.00 WIB.

Demikian ulasan destinasi wisata alam unik di Jawa Tengah yang memiliki keindahan alamnya mampu menarik perhatian wisatawan local maupun macanegara. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: