Pj Gubernur Jateng Optimis Produksi Pangan Meningkat setelah 10.000 Petani Mendapatkan Bantuan Alsintan

Pj Gubernur Jateng Optimis Produksi Pangan Meningkat setelah 10.000 Petani Mendapatkan Bantuan Alsintan

DIALOG - Pj gubernur Jawa Tengah dialog dengan Menteri Pertanian.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, SEMARANG - Penjabat (Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana optimis produksi pangan di wilayahnya tahun ini meningkat. Hal itu didorong dengan adanya gelontoran bantuan 10.000 alat mesin pertanian (alsintan) dan pupuk dari Kementerian Pertanian.

"Jawa Tengah ini salah satu provinsi penyangga kebutuhan pangan nasional. Kita berharap dengan adanya tambahan (alsintan, bibit, dan pupuk) tadi, insyaallah (hasil panen bertambah) sekitar 1,2 juta sampai 1,5 juta ton," kata Nana Sudjana saat mendampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan alsintan di Makodam IV/Diponegoro, Selasa, 23 April 2024.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Beri Apresiasi Forum Relawan

Sebagai provinsi penyangga ketahanan pangan nasional, pada tahun 2023 lalu produksi panen padi di Jawa Tengah mencapai 9,08 juta ton Gabah Kering Giling (GKG). Jumlah itu setara dengan 5,22 ton beras.

"Berdasarkan capaian tahun 2023 itu, kami optimis bisa kembali melanjutkan tren peningkatan produktivitas tahun 2024. Kami laporkan, bahwa perkiraan produksi sampai dengan April 2024 sebesar 3.534.046 ton," jelas Nana.

BACA JUGA:2 Atlet Pelajar Kabupaten Tegal Raih Medali Popda Eks Karesidenan Pekalongan

Bantuan 10.000 alsintan ini terdiri atas pompa air, cultivatior, hand sprayer, rice transplanter, traktor, dan rehab jaringan irigasi. 

"Atas nama forkopimda dan masyarakat Jawa Tengah, mengucapkan terima kasih dan apresiasi dengan adanya bantuan berupa alat pompa, traktor, atau alsintan yang diberikan oleh Menteri Pertanian. Ini bentuk atensi juga dari Presiden RI," imbuhnya.

Bantuan tersebut merupakan solusi dari pemerintah setelah sebelumnya para petani menghadapi kekeringan, fenomena El Nino, serta cuaca yang tidak menentu. 

BACA JUGA:Kebut Target Nasional, Disdukcapil Kota Tegal Gencarkan Aktivasi IKD

Nana membeberkan, 10.000 alsintan itu akan didistribusikan kepada kelompok tani di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"Tentunya disesuaikan dengan kondisi dan situasi di masing-masing kabupaten/kota. Kami akan mengawasi dan  membimbing masyarakat. Insyaallah ke depan petani kita semakin maju," katanya.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan,  Forkopimda Jawa Tengah paling kompak dari seluruh daerah yang didatangi. Sehingga bantuan kepada para petani di Jawa Tengah ini diberikan langsung 100 persen. Nilai bantuannya  mencapai hampir Rp500 miliar.

"Kami serahkan sekaligus. Ini bantuan pertama yang kami serahkan 100 persen, kami tidak berikan secara bertahap," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: