BPBD Kabupaten Tegal Beri Apresiasi Forum Relawan

BPBD Kabupaten Tegal Beri Apresiasi Forum Relawan

DUKUNGAN - Kalak BPBD memberi dukungan di gelaran Forum Relawan Kanjenengan.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -  Digelarnya  kegiatan rutin Forum Relawan mendapatkan apresiasi BPBD Kabupaten Tegal. Dari kegiatan ini setidaknya bisa dimaksimalkan menjadi media mencegah, membangun kesiapsiagaan, hingga kematangan dalam proses penanganan bencana.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah melalui Sekretaris  Danang Wahyu Pribadi  berharap keberadaan Forum Relawan bisa dinamis dan ada dukungan dari pemerintah desa. 

"Hal ini sebagai akselerasi pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) yang saat ini baru berdiri di 16 desa  dari 281 desa yang ada dan 6 kelurahan," ujarnya, Selasa (23/4/2024).

BACA JUGA:2 Atlet Pelajar Kabupaten Tegal Raih Medali Popda Eks Karesidenan Pekalongan

Pihaknya terus berharap pemerintah desa bis amembeerikan dukungan dan dorongan kepada relawan melalui anggaran yang ada di desa. Di sini BPBD nantinya siap membantu peningkatan kapasitas relawan. Menurutnya, saat ini di Kabupaten Tegal tercatat ada 26 Forum Relawan dengan anggota tidak kurang 300 relawan.

Forum Relawan memiliki peran strategis. Hal ini karena Kabupaten Tegal  memiliki risiko bencana yang cukup besar. Forum Relawan Kebencanaan ini diharapkan mampu mengedukasi masyarakat agar memiliki kultur siaga bencana serta memiliki komitmen kuat terstruktur.

BACA JUGA:Kebut Target Nasional, Disdukcapil Kota Tegal Gencarkan Aktivasi IKD

"Sehingga respon terhadap bencana tidak sebatas bersifat emergency, namun dalam wujud yang lebih riil dan terkoordinir dengan baik," ungkapnya.

Dalam menghadapi berbagai macam bencana yang terjadi, hal yang paling utama adalah mengedepankan mitigasi pencegahan bencana. Terlebih, faktor-faktor penyebab. Pihaknya memang tidak mengharapkan adanya bencana terjadi. Tetapi karena bencana ini tidak bisa diprediksi kapan dan dimana bisa saja terjadi. 

BACA JUGA:Mahasiswa Poltek Harber Tegal Ciptakan Perahu Penyiram Bawang Merah

"Setidaknya dengan adanya forum ini, kita sudah siap meminimalisir terjadinya korban jiwa di tengah masyarakat saat bencana itu melanda," tegasnya.

Forum Relawan menjadi bagian dari upaya koordinasi, konsolidasi dan sinkronisasi langkah gerak para relawan kebencanaan. Serta relawan kemanusiaan dan pegiat kebencanaan di Kabupaten Tegal. Dengan adanya Forum Relawan Kebencanaan ini menjadi wadah untuk menyinkronkan upaya dari tim penanggulangan bencana, stakeholder yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Ditabrak Tronton, Tiang Lampu PJU di Kabupaten Tegal Ambruk

"Tim penanggulangan bencana di tingkat desa, tim kebencanaan dari TNI, Polri, dan tingkat Kabupaten Tegal  agar penanggulangan bencana bisa tertangani secara komprehensif," pungkasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: