Satlantas Polres Tegal Beberkan Titik Rawan Macet yang Harus Diwaspadai

Satlantas Polres Tegal Beberkan Titik Rawan Macet yang Harus Diwaspadai

TITIK MACET - Kasat Lantas Polres Tegal AKP Wendi Andranu SIK didampingi Kasi Humas menjelaskan titik rawan macet.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI  –  Menghadapi arus mudik Lebaran 2024, Satlantas Polres Tegal melakukan berbagai persiapan. Mulai dari survei jalur mudik, pemetaan titik rawan kemacetan, rekayasa jalur alternatif, penyiapan pos hingga penyiagaan tim urai kemacetan.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK  melalui Kasat Lantas AKP Wendi Andranu SIK  menyatakan, untuk jalur mudik telah dipetakan  dalam 4 jalur. 

"Jalur tersebut meliputi  jalur tol, Pantura, tengah dan selatan," ujarnya.

BACA JUGA:SMP IT Kota Tegal Adakan POMG Spesial

Terkait titik rawan kemacetan, ada beberapa area trouble spot di wilayah Polres Tegal. Yakni Jalan Raya Adiwerna, karena adanya Pasar Banjaran dan Pasar Sentral. Sedangkan titik kemacetan di jalur selatan ada di lokasi underpass Prupuk dan fly over Klonengan. 

“Di sana merupakan persimpangan tiga arus dari Tegal, Brebes dan Banyumas," cetusnya.

BACA JUGA:Rektor UPS Tegal Lepas 7 Mahasiswa Magang ke Jepang

Dua titik  rawan macet tersebut menjadi perhatian Polda Jawa Tengah sehingga sempat dilakukan pengecekan oleh Dirlantas Polda Jawa Tengah. Ada juga titik kemacetan lainnya di simpang tiga Yomani yang perlu di waspadai. Jalur ini kerap terjadi kemacetan karena merupakan jalur wisata ke Guci.

Terkait jalur alternatif, Satlantas telah menyiapkan rekayasa di jalur alternatif Jatinegara yang menghubungkan dengan Kabupaten Pemalang dan Purbalingga. Selain itu, ada jalur alternatif Bojong yang tembus ke Moga Pemalang dan Purbalingga. Guna pengamanan arus mudik, Polres Tegal menyiapkan sejumlah pos baik di rest area, exit tol Adiwerna, pos LIK dan pos pengamanan wisata di Guci dan Purin.

BACA JUGA:Mahasiswa Poltek Harber Tegal Go Global lewat Magang di Jepang

“Untuk posyan rest area, ada di empat titik, kemudian 2 pos terpadu di exit tol dan Pantura pos LIK serta pos wisata Guci, Cacaban dan Purin,” tegasnya.  

Guna mengantisipasi  terjadinya kemacetan stagnan, Polres Tegal akan menyiagakan tim urai. Yang akan bersiaga di Pantura, tengah dan jalur Obyek Wisata Guci. Tim urai akan diperkuat oleh regu strong point .

“Ada instruksi dari Polda Jawa Tengah untuk  menekankan penghematan dalam pembangunan pos. Namun nanti diperkuat penempatan personel, termasuk di titik rawan macet ada personel sebagai tim strong point,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: