Inilah 3 Manfaat Puasa untuk Penderita Obesitas yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Inilah 3 Manfaat Puasa untuk Penderita Obesitas yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Manfaat puasa untuk penderita obesitas-IDN Times-

DISWAYJATENG - Bagi umat Muslim, datangnya bulan puasa adalah sebuah kegembiraan. Selain untuk memenuhi perintah agama, Puasa juga baik untuk kesehatan terutama manfaat puasa untuk penderita obesitas.

Saat puasa, terjadi perubahan struktur dan kualitas makanan. Perubahan ini mempengaruhi metabolisme, yang pada gilirannya mempengaruhi kesehatan. Itulah kenapa manfaat puasa untuk penderita obesitas sangat baik.

Manfaat puasa untuk penderita obesitas sangat ampuh ketika dilakukan dengan benar. Karena saat berpuasa dibutuhkan waktu sekitar delapan jam bagi tubuh untuk menyerap nutrisi dan zat-zat bermanfaat yang diperoleh setelah makan terakhir. 

Manfaat puasa untuk penderita obesitas sangat nyata khasiatnya, itulah kenapa berpuasa sangat baik bagi para penderita penyakit kardiovaskular dan obesitas. Berikut manfaat lain yang bisa kamu dapatkan saat berpuasa, antara lain:

BACA JUGA: Tak Disangka, Inilah 9 Manfaat Puasa Untuk Kecantikan Kulit, Wanita Wajib Tahu

1. Manfaat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Puasa tidak hanya tentang menahan diri dari makanan dan minuman selama periode tertentu, tetapi juga memberikan tubuhmu kesempatan untuk membersihkan diri secara menyeluruh. 

Dalam konteks kesehatan jantung, puasa membawa serangkaian perubahan yang menguntungkan bagi tubuhmu.

a. Penurunan Kadar Kolesterol:

Penelitian telah menunjukkan bahwa puasa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. 

Kolesterol LDL yang tinggi pertanda bahwa ada peningkatan risiko penyakit jantung. Selama puasa, tubuh cenderung membakar cadangan lemak sebagai sumber energi, yang pada gilirannya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.

BACA JUGA:Berikut 7 Manfaat Puasa dalam Islam, Salah Satunya Menghindari Perbuatan Maksiat

b. Pengendalian Tekanan Darah:

Puasa juga dapat memiliki dampak positif pada tekanan darah. Selama berpuasa, tubuh mengalami peningkatan sensitivitas insulin dan penurunan resistensi insulin, yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: