Berikut 7 Manfaat Puasa dalam Islam, Salah Satunya Menghindari Perbuatan Maksiat

Berikut 7 Manfaat Puasa dalam Islam, Salah Satunya Menghindari Perbuatan Maksiat

Inilah manfaat puasa dalam Islam-Tokopedia-

DISWAYJATENG - Manfaat puasa dalam islam sangatlah beragam. Mulai dari manfaat untuk kesehatan fisik, metal, jiwa sampai kecantikan. Namun selain itu, manfaat puasa juga dapat dirasakan untuk ketenangan batin dan kesehatan mental.

Puasa dalam Islam sudah diatur dalam Al-Quran dan hadist-hadist nya. Manfaat puasa dalam Islam juga sudah terang-terangan dijelaskan di berbagai sumber. Dengan penjelasan tersebut maka kita sebagai umat muslim tidak perlu meragukan lagi manfaat puasa ini.

Manfaat puasa dalam Islam memiliki banyak cabang. Dalam segi kesehatan, manfaat puasa bisa menjadikan tubuh lebih terjaga, menurunkan berat badan, bahkan bisa menjadi alternatif pengobatan lambung.

BACA JUGA:Manfaat Puasa untuk Penderita Asam Lambung, Simak 7 Tips Melakukannya

Selain itu, manfaat puasa dalam Islam yang bisa dirasakan adalah adanya esensi tersendiri antara makhluk Allah SWT dan ibadah yang dilakukan. Dengan berpuasa maka bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT, dapat terjaga dari maksiat, dan banyak manfaat lainnya.

Puasa dalam Islam: Lebih Dari Sekadar Ibadah

Jadi, puasa Ramadhan itu wajib hukumnya bagi umat Islam yang sudah dewasa secara agama. Nah, di balik kewajiban itu, ternyata ada banyak manfaat yang terkait sama kedekatan kita sama Allah. Izzudin bin Abdis Salam, dia ini mengumpulkan banyak cerita dari Nabi tentang manfaat dan hikmah puasa.

Nah menurut Izzudin bin Abdis Salam, ada 7 manfaat puasa dalam Islam.

 1. Meningkatkan Ketakwaan

Jadi, puasa itu bukan cuma soal lapar doang, guys. Tapi ada ayat di Surah al-Baqarah:183 yang bilang, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." Jadi, puasa ini udah dilakukan dari zaman dulu, bukan cuma buat umat Islam aja.

BACA JUGA:Puasa Ternyata Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Mental dan Jiwa, Bisa Ubah Suasana Hati

2. Menghapus Dosa

Puasa itu kan tindakan kita menahan diri dari segala yang berhubungan sama syahwat. Nah, ada hadis dari Abu Hurairah yang bilang, "Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya pada masa lalu akan diampuni." Jadi, puasa bisa jadi cara kita buat bersihin dosa-dosa yang udah kita lakuin sebelumnya.

Manfaat puasa dalam Islam yang paling fenomenal adalah tentang dihapuskannya dosa-dosa saat puasa. Dengan berpuasa, maka niscaya Allah SWT akan menghapus dosa hambanya.

3. Mengendalikan Syahwat

Puasa Ramadhan itu membuat kita nggak makan dan minum dari fajar sampai matahari terbenam selama 29 atau 30 hari. Nah, dalam kondisi lapar, syahwat kita jadi lebih gampang dikendalikan.

BACA JUGA:Manfaat Puasa untuk Ibu Menyusui yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa Bantu Perbaiki Metabolisme Tubuh

Ada cerita dari Abdullah bin Mas'ud, dia bilang kalo Nabi ngasih saran, kalo bisa kita menikah dulu. Kalo nggak, ya puasa aja. Katanya, puasa bisa jadi pengendali buat kita.

4. Memperbanyak Sedekah

Di bulan Ramadan, kita punya kesempatan buat beramal lebih banyak, lho! Ini juga bagian dari contoh Nabi Muhammad yang selalu dermawan. Ada cerita dari Ibu Abbas, katanya Nabi itu orang yang paling dermawan, apalagi di bulan Ramadan. Katanya, beliau lebih dermawan dari angin yang berhembus.

5. Menyempurnakan Ketaatan

Jadi, kalo udah puasa Ramadan, seharusnya kita bisa jadi orang yang lebih suci dari segala syahwat selama sebulan penuh. Ceritanya, kalo udah begitu, kita bakal tiba di bulan Syawal jadi orang baru, yang lebih dekat sama Allah dan lebih peduli sama orang lain.

hadis dari Abu Hurairah, Nabi pernah bilang, "Jika bulan Ramadan datang, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu." Jadi, bulan Ramadan itu kesempatan banget buat kita buat lebih dekat sama Allah.

6. Meningkatkan Rasa Syukur

Puasa Ramadan selama sebulan itu sebenernya adalah bukti kasih sayang Allah ke kita. Di balik kewajiban itu, Allah kasih keringanan buat mereka yang nggak sanggup.

Ada ayat di Surah al-Baqarah:185 yang bilang, "Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (bilangan hari berpuasa Ramadan) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

Dengan berpuasa di bulan Ramadan, rasa syukur kita terhadap kenikmatan yang diberikan Allah lebih meningkat. Inilah manfaat puasa dalam Islam yang tidak bis akita remehkan.

7. Mencegah Diri dari Perbuatan Maksiat

Puasa itu kayak perisai, lho. Pas kita puasa, kita gak boleh ngomong kasar atau naikin suara pas lagi marah. Ada cerita dari Abu Hurairah, katanya Rasulullah pernah bilang gitu. Jadi, kalo kita puasa, seharusnya kita bisa jaga diri kita dari perbuatan buruk yang bisa ngehapus pahala puasa kita.

Jadi, itulah semua manfaat puasa dalam Islam. Selain buat koneksi sama Allah, puasa juga bisa bikin kita jadi lebih baik dari sebelumnya. Yuk, kita jaga puasa kita dengan baik dan benar, guys!(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: