Kemandirian Fiskal Jawa Tengah Dinilai Tergolong Baik

Kemandirian Fiskal Jawa Tengah Dinilai Tergolong Baik

SAMBUTAN - PJ Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memberikan sambutan.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, SURAKARTA – Kemandirian fiskal Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dinilai tergolong baik. Sebab, porsi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dalam beberapa tahun terakhir sudah mencapai lebih dari 50 persen dari total pendapatan daerah.

“Ini artinya bahwa kemandirian fiskal kita, di Jateng ini, bisa dikatakan cukup baik," kata Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana saat membuka Rakor Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan Provinsi Jateng Tahun Anggaran 2025 di Hotel Sunan, Kota Surakarta, Rabu, 13 Maret 2024.

BACA JUGA:Tandatangani Pakta Integritas, Dinas Sosial Kabupaten Tegal Siap Berikan Pelayanan Terbaik

Menurut Nana, untuk mempertahankan kondisi tersebut, maka perlu diupayakan skenario pembiayaan daerah yang menguntungkan. Pendapatan daerah tidak bisa menggantungkan dari pendapatan asli daerah saja, tapi juga dari sumber yang lain.  

Oleh karenanya, dalam rakor pendapatan daerah tersebut, menghadirkan seluruh pemangku kepentingan. Harapannya, mampu berkolaborasi dalam penyusunan anggaran pendapatan yang lebih baik. 

BACA JUGA:Meriahkan Ramadan, Pemprov Jateng Adakan Tarawih Keliling di 18 Lokasi

Nana menambahkan, dalam upaya pencapaian taget pendapatan asli daerah, perlu mengembangkan budaya kerja sebagai enterpreneur.

"Memang dalam hal ini kita tidak bisa bekerja sendiri, harus ada kerja sama dengan swasta," katanya. 

Di samping itu, lanjut Nana, profesionalisme Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pendapatan asli daerah juga perlu ditingkatkan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah mengoptimalkan aset-aset yang dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: