Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi Jika Sudah Terlanjur Didaftarkan, 3 Langkah Cerdas ini Dijamin Efektif

Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi Jika Sudah Terlanjur Didaftarkan, 3 Langkah Cerdas ini Dijamin Efektif

Cara mencegah pinjol sebar data pribadi --

Tak hanya itu, sebagai debitur jangan mudah memberikan kode OTP atau PIN ke siapa pun, termasuk pihak pinjol. Hal ini bisa membuat kita kehilangan akses ke akun atau rekening kita.

Jika Data Pribadi Sudah Disebar atau Disalahgunakan

Jangan khawatir jika data pribadi terlanjur disebar oleh pihak pinjol. Anda bisa langsung hapus data dan cache aplikasi pinjol dari ponsel kita.

BACA JUGA:5 Cara Hapus Data Diri di Pinjol agar BI Checking Tetap Bersih dan Aman Terbaru 2024

Cara mencegah pinjol sebar data pribadi paling efektif yakni dengan melaporkan ke OJK. Anda juga bisa melaporkan pinjol ilegal yang menyebar data kita ke kepolisian dengan membawa bukti-bukti seperti screenshot, rekaman, atau rekam jejak pembayaran.

Jika ingin mengajukan pinjaman online sebaiknya pikirkan matang-matang untuk meminjam dana di pinjol. Sudah banyak risiko yang terjadi, salah satunya adalah penyebaran data pribadi.

Pasalnya, tidak ada yang bisa menjamin data pribadi kita akan aman pada satu aplikasi. Jangan lupa untuk selalu membaca dengan seksama ketentuan pinjol yang mau dipinjam.

Jangan ragu untuk menghubungi instansi resmi jika sampai ada kerugian yang disebabkan oleh pinjol. Hal ini supaya debitur mendapatkan bantuan dari lembaga berwenang supaya tidak dirugikan.

BACA JUGA:Apakah Bisa Mengajukan Pinjol Tanpa KTP? Begini Penjelasan Lengkapnya Serta Risiko Bahaya Jika Nekat Digunakan

Demikian informasi seputar cara mencegah pinjol sebar data pribadi yang paling efektif untuk dicoba. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: