Mengapa Wanita Lebih Sering Kena Anemia? Berikut Penjelasan Pemicu Utamanya

Mengapa Wanita Lebih Sering Kena Anemia? Berikut Penjelasan Pemicu Utamanya

Mengapa Anemia Lebih Sering Terjadi Pada Wanita? Berikut Penjelasannya--

DISWAY JATENG - Anemia merupakan kondisi medis yang ditandai dengan kekurangan sel darah merah atau kadar hemoglobin yang kurang. Meskipun dapat terjadi pada siapa saja, ternyata wanita lebih rentan terkena anemia dibandingkan dengan pria. 

Beberapa faktor penyebab anemia pada wanita melibatkan aspek biologis, hormonal, sosial, dan nutrisi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi mengapa anemia lebih umum terjadi pada wanita, dampaknya terhadap kesehatan, serta upaya penanggulangannya.

Faktor-faktor Penyebab Anemia pada Wanita

  • Menstruasi yang Menyebabkan Kehilangan Darah Teratur

Salah satu faktor utama yang menyebabkan wanita lebih rentan terkena kekurangan sel darah merah adalah menstruasi. Setiap bulan, wanita mengalami kehilangan darah melalui siklus menstruasi. 

BACA JUGA: 5 Gejala Anemia Pada Wanita, Kaum Hawa Harus Tau!

Volume darah yang hilang ini dapat menyebabkan penurunan kadar hemoglobin dan jumlah sel darah merah, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan anemia jika tidak diimbangi dengan asupan zat besi yang cukup.

  • Kebutuhan Zat Besi yang Lebih Tinggi Selama Kehamilan

Wanita hamil memiliki kebutuhan zat besi yang lebih tinggi karena pertumbuhan janin dan kebutuhan tambahan untuk mendukung perubahan fisik selama kehamilan. 

Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan kekurangan sel darah merah pada ibu hamil, yang dapat memiliki dampak serius pada kesehatan ibu dan janin.

  • Gangguan Menstruasi dan Kelainan Darah

Beberapa wanita mengalami gangguan menstruasi, seperti menoragia (perdarahan menstruasi yang berlebihan) atau dismenore (nyeri haid yang hebat). 

BACA JUGA: 10 Cara Mengatasi Anemia dengan Makanan, Dijamin Ampuh dan Rekomended Langsung Dipraktikkan

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko anemia karena kehilangan darah yang signifikan. Selain itu, kelainan darah tertentu, seperti thalassemia atau anemia sel sabit, dapat menjadi penyebab kekurangan sel darah merah pada wanita.

  • Diet yang Kurang Mengandung Zat Besi

Asupan zat besi yang tidak mencukupi dalam diet juga dapat menjadi faktor penyebab kekurangan sel darah merah pada wanita. Diet yang kurang variatif, vegetarianisme tanpa perencanaan gizi yang baik, atau kebiasaan makan yang tidak sehat dapat menyebabkan kekurangan zat besi, yang diperlukan untuk produksi hemoglobin.

  • Kehilangan Darah Akibat Persalinan dan Menyusui

Proses persalinan dapat menyebabkan kehilangan darah yang signifikan, yang dapat meningkatkan risiko kekurangan sel darah merah pada wanita setelah melahirkan. 

BACA JUGA: Wanita Hamil Bisa Kena Anemia? Berikut 5 Cara Mengatasinya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: