Madu, Solusi Alami untuk Mencegah Anemia

Madu, Solusi Alami untuk Mencegah Anemia

Madu, Solusi Alami untuk Mencegah dan Mengatasi Anemia--

DISWAY JATENG - Anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah berkurang. Hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi dan berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Siapa snagka, amadu adalah solusi alami untuk mencegah anemia.

Bila tubuh kekurangan hemoglobin, maka oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan dan organ juga berkurang. Akibatnya, tubuh menjadi lemah, lesu, pucat, sesak napas, pusing, dan mudah sakit. Perlu diketahui, solusi alami untuk mencegah anemia salah satunya adalah madu.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan anemia, seperti kekurangan zat besi, asam folat, atau vitamin B12, perdarahan, penyakit kronis, infeksi, atau kelainan genetik. Untuk mencegah dan mengatasi anemia, diperlukan asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Salah satu solusi alami untuk mencegah anemia adalah madu. 

Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Madu, solusi alami mencegah anemia. Madu sebagai sumber zat besi yang baik. Zat besi adalah mineral yang penting untuk pembentukan hemoglobin dan sel darah merah.

BACA JUGA:Cara Merawat Wajah secara Alami untuk Penderita Anemia

Menurut sebuah penelitian, madu mengandung sekitar 0,42 mg zat besi per 100 gram. Selain itu, madu juga mengandung tembaga, mangan, magnesium, dan selenium yang dapat membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Selain zat besi, madu juga mengandung asam folat dan vitamin B12 yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Asam folat atau vitamin B9 adalah nutrisi yang dapat mencegah anemia megaloblastik, yaitu anemia yang disebabkan oleh sel darah merah yang berukuran besar dan tidak normal.

Vitamin B12 atau kobalamin adalah nutrisi yang dapat mencegah anemia pernisiosa, yaitu anemia yang disebabkan oleh sel darah merah yang berukuran kecil dan tidak berfungsi dengan baik. Madu mengandung sekitar 2 mikrogram asam folat dan 0,03 mikrogram vitamin B12 per 100 gram.

BACA JUGA:Keren! Kecerdasan Buatan Bisa Mendeteksi Anemia melalui Kelopak Mata Hanya dengan Smartphone

Sebagai solusi alami mencegah anemia, madu juga memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Infeksi adalah salah satu penyebab anemia, terutama pada anak-anak dan orang yang memiliki penyakit kronis.

Madu dapat membantu mengurangi peradangan, membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi, serta mempercepat penyembuhan luka. Cara mengonsumsi madu untuk mencegah dan mengatasi anemia adalah dengan mengambil satu sendok makan madu murni setiap pagi dan malam hari.

Madu sebagai solusi alami mencegah anemia dapat diminum langsung atau dicampur dengan air hangat dan air perasan lemon. Lemon mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari madu.

BACA JUGA:Kenali Penyebab Anemia Pada Lansia, Termasuk Gejala dan 4 Hal yang Harus Kamu Ketahui

Hindari mencampur madu dengan air panas atau mendidih karena dapat merusak kandungan nutrisi dan enzimnya. Juga hindari meminum madu bersamaan dengan teh, kopi, atau susu karena dapat menghambat penyerapan zat besi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: